visitaaponce.com

Ini 4 Warna Terbaik untuk Digunakan saat Cuaca Panas Menurut Sains

Ini 4 Warna Terbaik untuk Digunakan saat Cuaca Panas Menurut Sains
Ilustrasi busana dengan ragam warna.(Dok. iguim.co.uk)

Tak hanya bahan dan model pakaian yang memengaruhi rasa nyaman dan sejuk ketika digunakan, warna pakaian ternyata juga mempengaruhi. Seorang ilmuwan asal Jepang merilis hasil studi yang menyebutkan warna apa saja yang akan membuat penggunananya merasa nyaman dan sejuk ketika digunakan di tengah cuaca panas.

Melansir dari situs Lifestyle Asia, Selasa, (25/4), sebuah tim peneliti Jepang telah mempelajari subjek tersebut pada Agustus 2020. Tim ilmuwan Jepang yang dipimpin oleh peneliti Toshiaki Ichinose dari Institut Nasional untuk Studi Lingkungan tertarik pada pentingnya memilih warna pakaian selama periode cuaca tinggi.

Dia melakukan percobaan untuk menentukan warna apa yang membuat tubuh tetap sejuk di bawah sinar matahari. Untuk tujuan penelitian, Toshiaki Ichinose memaparkan sembilan torso manekin ke matahari dengan kemeja polo dengan warna berbeda, mulai dari merah, hijau muda, kuning, biru, hitam, putih, atau hijau tua. Saat percobaan, suhu di luar sekitar 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit).

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dilakukan agar Tetap Sehat Menurut Kemenkes

Setelah hanya lima menit percobaan, ilmuwan memeriksa suhu permukaan kain, dan mengamati perbedaan 20°C antara kaos polo.

Biasanya dikatakan bahwa warna putih adalah warna yang paling cocok untuk suhu cuaca panas karena membuat tubuh tetap sejuk, berbeda dengan warna hitam yang cenderung menyerap panas.

Studi tersebut menegaskan hal ini, menunjukkan bahwa suhu permukaan kaos polo putih sekitar 30 derajat Celcius – setara dengan suhu udara selama penelitian. Sebaliknya, suhu permukaan kaos polo hitam lebih dari 50 derajat Celcius (122 Fahrenheit), selisih 20 derajat dari model putih.

Baca juga: Cuaca Panas Tak Biasa, Waspadai Aneka Gejala Ini

Selain putih, warna-warna yang menjaga kesejukan tubuh lainnya ditemukan ialah kuning, abu-abu, dan merah. Ungu berada di peringkat tengah, jadi bisa dikenakan saat cuaca panas jika itu adalah warna favorit Anda. Selain hitam, disarankan juga untuk menghindari warna biru, hijau muda, hijau tua, dan hijau tua.

Selain warna, Anda juga bisa mempertimbangkan bahan tertentu yang juga membantu menjaga tubuh tetap dingin saat cuaca panas. Kapas, misalnya, membuat kulit bisa bernafas, sedangkan linen, serat tumbuhan dengan dampak lingkungan rendah, dikenal karena sifat termoregulasinya yang mengatur suhu dan menjaga kulit tetap sejuk sepanjang cuaca panas.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat