visitaaponce.com

6 Langkah Sederhana agar Lebih Berbahagia

6 Langkah Sederhana agar Lebih Berbahagia
ilustrasi: Menikmati pemandangan alam dapat membuat bahagia(unsplash.com/Antonino Visalli)

Bagaimana Anda mendefinisikan sebuah kebahagiaan? Bagi masing-masing orang, definisi bahagia mungkin berbeda. Tapi , menurut Elissa Epel, seorang profesor di Departemen Psikiatri di University of California San Francisco, California, kita cenderung percaya bahwa kita akan bahagia ketika kondisi tertentu terpenuhi atau tercapai. Padahal, kata dia, hal tersebut hanya mitos.

Melansir dari situs Real Simple, kebahagiaan bisa tercipta dari hal-hal sederhana yang dilakukan secara konsisten dalam hidup. Apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa melatih otak menjadi lebih bahagia? Simak sejumlah kebiasaan tersebut berdasarkan dari proyek studi BIG JOY, proyek sains terbesar yang mempelajari kegembiraan, yang dilakukan para peneliti (termasuk Epel) dari 17 universitas.

1. Lakukan Kebaikan setiap hari.

Anda dapat melakukan hal-hal baik yang membuat orang lain ikut bahagia. Tak perlu hal-hal besar, Anda bisa memulainya dengan hal sederhana seperti memberikan hadiah kepada orang lain atau mengirimkan teman Anda pesan teks lucu, menelepon keluarga Anda, menulis komentar positif di postingan Instragram, dan kebaikan lainnya, yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukan setidaknya 5 tindakan kebaikan setiap hari.

2. Bersyukur

Anda bisa menuliskan hal-hal yang patut Anda syukuri, kemudian mengucapkan dengan lantang setiap memulai aktivitas di pagi hari.  "Buatlah daftar hal-hal yang Anda syukuri, baik hal kecil maupun besar," kata Epel. 

"Bersyukur adalah penangkal stres. Kita dapat mengarahkan diri kita ke arah yang lebih positif untuk hari itu jika kita memulai pagi hari dengan rasa syukur. Saat bangun, pikirkan sesuatu yang Anda syukuri," lanjutnya.

3. Lingkungan

Pergilah ke luar rumah setiap hari dan biarkan cahaya alami, suara, bau, dan lingkungan sekitar menurunkan stres dan membangkitkan semangat Anda. "Keluarlah dan perhatikan pemandangan atau kehijauan perkotaan di sekitar Anda dengan membuka semua indera Anda," kata Epel.

4. Mengambil hikmah dari masa lalu

Epel menyarankan saat menghadapi hal-hal buruk dalam hidup, Anda harus menerima rasa sakit, ketidaknyamanan, kemarahan akibat hal buruk tersebut. Kemudian mulailah mengubah perspektif Anda dengan menemukan hikmah dari hal-hal buruk tersebut.

5. Hadir untuk orang yang Anda cintai.

Tindakan ini sejalan dengan menunjukkan kebaikan kepada orang lain, tetapi ini benar-benar tentang mendengarkan dan hadir untuk orang yang Anda cintai.  "Aktif dengarkan cerita tentang hal-hal dalam kehidupan orang lain," kata Epel.

6. Prioritaskan yang terpenting

Jika tindakan dan keputusan hidup tidak sesuai dengan nilai-nilai penting diri, ketidakbahagiaan akan kerap menghantui.  Ingatkan diri Anda tentang apa yang paling Anda hargai di dunia, lalu pertimbangkan apakah Anda hidup untuk mereka atau tidak. 

Epel menyarankan, urutkan empat nilai inti yang paling penting bagi Anda dan tuliskan penjelasan singkat tentang bagaimana nilai itu muncul dalam kehidupan Anda. Sering-seringlah melihat daftar nilai itu untuk membantu Anda membuat keputusan sulit dalam hidup, sehingga Anda tidak akan mudah menyesal akan keputusan Anda sendiri. Pada akhirnya ini akan membuat Anda lebih bahagia. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat