visitaaponce.com

Musim Hujan Membawa Berkah bagi Para Penambang Emas di California

Musim Hujan Membawa Berkah bagi Para Penambang Emas di California
Brandon Barron , seorang penambang emas di California.(Frederic J. BROWN / AFP)

Selama beberapa dekade, Albert Fausel telah menyusuri Sungai Placerville, California untuk mencari emas. Tapi, hujan lebat yang terjadi baru-baru ini telah membawa berkah, emas yang diperolehnya melimpah.

"Tahun ini ada banyak tempat baru untuk menemukan emas,” kata Fausel, yang mengenakan pakaian selam dan snorkel, seperti dikutip AFP, Kamis (11/5). Ia menyelam dengan sekop kecil untuk menggali celah di dasar sungai lalu muncul kembali dengan butiran emas di tangannya. Di antara campuran tanah liat dan pasir yang dikosongkan ke nampan plastik, partikel-partikel emas itu mengilap di bawah terik matahari.

"Alam telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan semua banjir ini," katanya. Dia memperkirakan di tengah sungai mungkin akan ada potongan emas yang jauh lebih besar dan lebih berat.

Fausel mengumpulkan emas hasil buruannya dengan alat yang menyerupai pompa hisap, sebelum menyesuaikan snorkelnya dan menghilang kembali ke dalam air.

Tahun ini, California dilanda musim dingin yang luar biasa basah, dengan curah hujan yang hampir mencapai rekor.  Di California Utara, hujan deras tersebut memicu pemandangan yang mengingatkan  demam emas yang mengubah wilayah itu pada abad ke-19, ketika ribuan penambang tiba untuk mencari benda berharga tersebut.

"Sekarang kita berbicara tentang banjir emas," kata Barron Brandon, seorang ahli geologi dan mandor peternakan di dekat Sungai Cosumnes, yang juga ikut mencari emas.

Hujan deras menciptakan arus kuat di sungai yang membasuh tepian, melonggarkan partikel lumpur dan emas, yang kemudian dibawa ke hilir untuk diambil oleh penambang yang beruntung seperti Fausel, Brandon, dan para penambang tradisional lainnya. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat