visitaaponce.com

Tiongkok untuk Pertama Kali akan Kirim Warga Sipil ke Luar Angkasa

Tiongkok untuk Pertama Kali akan Kirim Warga Sipil ke Luar Angkasa
ilustrasi: Astronaut Tiongkok di Luar Angkasa. Foto diam,bil tahun lalu.(China Manned Space Agency / AFP)

Gui Haichao, profesor di Universitas Aeronautika dan Astronautika, Beijing dan Zhu Yangzhu, seorang insinyur, akan menjadi warga sipil Tiongkok pertama yang berpetualang ke luar angkasa. Mereka akan didampingi Jing Haipeng, tentara yang telah empat kali melakukan misi semacam itu.

Selama ini para astronaut Tiongkok merupakan bagian dari Tentara Pembebasan Rakyat. Menurut juru bicara Badan Antariksa Berawak Tiongkok, Lin Xiqiang, Gui akan mempelajari operasi di orbit dari muatan eksperimental ilmu antariksa, “ kata Lin.

Tiongkok, negara ekonomi terbesar kedua di dunia, telah menginvestasikan miliaran dolar untuk program luar angkasa yang dijalankan militernya. Mereka kini berusaha mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat dan Rusia.

Menurut badan anatrika setempat, Giu dkk akan lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di  barat laut Tiongkok pada Selasa pukul 9:31 (0131 GMT).

Universitas tempat Gui mengajar, yang dikenal sebagai Universitas Beihang dalam bahasa Inggris, mengatakan, profesor mereka berasal dari keluarga biasa yang tinggal di Provinsi Yunnan barat.

“Dia pertama kali tertarik pada dunia kedirgantaraan saat mendengarkan berita tentang manusia pertama Tiongkok di luar angkasa, Yang Liwei, di radio kampus pada tahun 2003, “ kata universitas tersebut dalam sebuah unggahan di media sosial. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat