visitaaponce.com

Makanan yang Mengandung Kolin baik untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak

Makanan yang Mengandung Kolin baik untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak
ilustrasi: Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik untuk kesehatan otak(MI/Kristiadi)

Salah satu senyawa yang penting dari tubuh ialah Kolin. Kolin memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari meningkatkan kesehatan otak hingga membentuk DNA. Kolin memiliki tugas  untuk memproduksi asetilkolin yang mengatur mood dan memori, serta mendukung kecerdasan otak.

Tubuh dapat memproduksi kolin dalam jumlah kecil sendiri di hati. Namun, jumlah tersebut hampir tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang optimal. Kita perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan tinggi kolin.  Banyak orang tidak memenuhi jumlah asupan harian yang direkomendasikan, yaitu 425 miligram (mg) untuk wanita dewasa tidak hamil, 450 mg untuk ibu hamil, 550 mg untuk wanita menyusui, dan 550 mg untuk pria dewasa.

Berikut beberapa makanan yang kaya kolin, seperti dikutip dari situs Real Simple.

1. Unggas
Anda dapat mengonsumsi unggas tanpa tulang dan tanpa kulit seperti ayam dan kalkun. Makanan ini tidak hanya memberi kita energi berkelanjutan yang kita butuhkan untuk menjalani hari, tetapi juga bekerja untuk membangun otot dan jaringan yang sehat di seluruh tubuh. Unggas memberikan kolin dalam jumlah yang patut diperhatikan yaitu enam ons dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit menyediakan hampir 200 mg.

2. Telur
Telur sangat cocok untuk dijadikan sarapan favorit karena kaya protein dan vitamin D. Selain itu, telur juga merupakan sumber kolin yang sangat baik. Dalam satu telur yang berukuran cukup besar akan terdapat kolin hampir 147 mg.  Perhatikan bahwa jika yang Anda cari adalah kolin, sertakan kuning telur karena di situlah nutrisi ini paling terkonsentrasi.

3. Udang
Ada begitu banyak hidangan lezat yang menyajikan udang. Hidangan ini juga merupakan sumber kolin yang sangat baik. Udang menawarkan sekitar 115 mg per porsi tiga ons.

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau menawarkan banyak serat, vitamin, mineral, dan, tentu saja kolin.  Brokoli merupakan sumber kolin yang sangat baik, dengan lebih dari 60 mg per satu mangkuk dimasak.

5. Kacang-kacangan
Buncis, kacang polong, dan lentil tidak hanya mengandung protein nabati, tetapi juga senyawa serat dan mikronutrien lainnya, termasuk kolin. Kacang hijau adalah jenis yang paling tinggi mengandung kolin yakni 45 mg per satu cangkir yang dimasak.

6. Kentang
Satu kentang russet besar yang dipanggang mengandung sekitar 45 mg kolin.  Apakah Anda membuat kentang tumbuk, salad kentang, atau kentang goreng panggang, jangan kupas kulitnya, karena kulit kentang mengandung kolin.

7. Jamur Portobello
Jamur portobello memberikan jumlah kolin yang mengesankan. Satu cangkir portobello panggang akan menyajikan hampir 40 mg kolin. Anda dapat membuat berbagai sajian lezat dengan jamur ini sekaligus menikmati manfaat nutrisi yang terkandung di dalamnya.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat