visitaaponce.com

Sunscreen vs Sunblock, Mana yang Paling Cocok untuk Liburan Mu

Sunscreen vs Sunblock, Mana yang Paling Cocok untuk Liburan Mu?
Penggunaan tabir surya sangat penting saat beraktivitas di luar ruang.(Unsplash/ Batch by Wisconsin)

LIBUR panjang Idul Adha telah dimulai. Dengan cuaca yang makin ekstrem, penggunaan tabir surya semakin penting, apalagi untuk Anda yang akan banyak beraktivitas di luar ruang.

 

Hal ini pula yang diingatkan oleh Dr. Nataliani Mawardi atau biasa dikenal sebagai dr. Nat, penggagas klinik kecantikan NMW sekaligus praktisi estetika dengan pengalaman lebih dari 30 tahun.

 

“Dalam situasi seperti ini; terpaan sinar matahari yang begitu menyengat dan hantaman polusi udara, hampir bisa dikatakan mendesak bagi kita yang beraktifitas penuh untuk menyadari pentingnya perawatan dan perlindungan kulit dan tubuh agar dapat melindungi diri dari dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh sinar matahari dan udara buruk yang berlebihan," katanya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (27/6). Namun ia juga menyarankan agar aktivitas luar ruang sebaiknya dihindari di rentang pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00.

 

Produk tabir surya, pada umumnya, terdapat dua jenis, yakni sunscreen dan sunblock. Keduanya bukan hanya berbeda nama tetapi juga berbeda cara kerja.

 

Sunscreen bekerja menyerap sinar UV sehingga sinar tersebut tidak terserap ke kulit. Namun untuk dapat menjalankan fungsinya maka sunscreen harus terserap ke kulit dan sebab itu harus dioleskan dengan seksama dan membutuhkan waktu untuk terserap.

 

Dilansir dari Health.com, bahan aktif pembuat sunscreen adalah oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, atau octinoxate. Dengan terserap ke kulit maka sunscreen tidak meninggalkan warna di permukaan kulit.

 

Sementara, sesuai namanya, sunblock bekerja dengan memantulkan sinar UV. Ia umumnya tidak terserap ke dalam kulit dan sebab itu sering meninggalkan warna putih di permukaan kulit.

 

“Sunscreen dapat menyerap ke kulit kita, melindungi dari dampak buruk UVA dan UVB, sementara sunblock mampu memantulkan sinar matahari dari kulit," jelas dr. Nat. Lebih lanjut, dr. Nat, mengatakan penggunaan sunscreen minimal 30 menit sebelum ke luar rumah dan dioleskan kembali setiap 2 jam. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat