visitaaponce.com

Didenda karena Berunjuk Rasa, Aktivis Iklim Greta Thunberg Mengaku tak Jera

Didenda karena Berunjuk Rasa, Aktivis Iklim Greta Thunberg Mengaku tak Jera
Greta Thunberg kembali ditangkap polisi saat berunjuk rasa, Senin (24/7)(Andreas HILLERGREN / TT News Agency / AFP) / )

Pengadilan Swedia menjatuhkan hukuman denda kepada aktivis lingkungan Greta Thunberg karena dianggap tidak mematuhi polisi pada saat berunjuk rasa bulan lalu. Tetapi, ia mengaku tidak kapok dan akan terus mengerakan perlawanan untuk menghentikan laju perubahan iklim.

Aktivis berusia 20 tahun itu dituduh mengganggu lalu lintas dan menolak meninggalkan lokasi unjuk rasa di kota pelabuhan Malmo pada bulan lalu.

"Benar bahwa saya berada di tempat itu pada hari itu, dan benar bahwa saya menerima perintah yang tidak saya dengarkan. Tetapi saya ingin menyangkal tuduhan kejahatan tersebut," kata Thunberg kepada pihak pengadilan ketika ditanya tentang dakwaan terhadapnya.

Thunberg mengatakan dia telah bertindak sesuai dengan apa yang semestinya dilakukan untuk menghentikan krisis iklim.

Unjuk rasa yang diorganisir oleh kelompok aktivis lingkungan Reclaim the Future itu mencoba memblokir pintu masuk dan keluar ke pelabuhan Malmo untuk memprotes penggunaan bahan bakar fosil. "Menurut saya, kami dalam keadaan darurat, dan karena itu tindakan saya sah," katanya kepada wartawan setelah persidangan.

Setelah persidangan singkat, pengadilan memutuskan Thunberg  bersalah dan dijatuhi denda sebesar 1.500 kronor (US$ 144) ditambah 1.000 kronor sebagai kompensasi kepada korban yang ‘terganggu’ atas tindakannya

Saat ditanya apakah dia akan lebih berhati-hati setelah terkena sanksi ini, Thunberg tegas mengatakan ia tidak akan mundur sedikitpun. "Kami tahu kami tidak dapat menyelamatkan dunia dengan bermain sesuai aturan, karena itu undang-undang harus diubah," kata aktivis remaja tersebut.

“Tidak masuk akal bahwa mereka yang bertindak sesuai dengan ilmu pengetahuan, yang menghalangi industri bahan bakar fosil, justru dipersalahkan,” tambahnya.

Beberapa jam setelah sidang itu, Thunberg pun bergabung dalam aksi protes serupa seperti yang dilakukannya bulan lalu di Pelabuhan Malmo.Dan lagi-lagi, ia kembali diamankan polisi.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat