visitaaponce.com

Polisi Tahan Greta Thunberg Saat Demonstrasi Perubahan Iklim di London

Polisi Tahan Greta Thunberg Saat Demonstrasi Perubahan Iklim di London
Aktivis perubahan iklim asal Swedia Greta Thunberg ditahan oleh polisi Inggris di London.(AFP/HENRY NICHOLLS)

POLISI Inggris, Selasa (17/10), menahan aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg saat ambil bagian dalam aksi demonstrasi di luar pertemuan tahunan sektor energi di London.

Aktivis berusia 20 tahun, yang menjadi wajah gerakan perlawanan terhadap perubahan iklim, dibawa dua polisi dan ditempatkan di mobil polisi di luar Energy Intelligence Forum.

Dalam aksi demonstrasi itu, Thunberg mengecam kesepakatan yang dicapai antara politisi dan perwakilan perusahaan minyak dan gas.

Baca juga : Sidang Greta Thunberg, Aktivis Sebut Protes Iklim bukanlah Kejahatan

"Di balik pintu, para politisi pengecut membuat kesepakatan dan kompromi dengan para pelobi dari industri bahan bakar fosil yang merusak Bumi," ujar Thunberg kepada wartawan di luar lokasi pertemuan tahunan itu.

Sejumlah demonstran berkumpul di luar Hotel InterContinental London Park Lane dalam aksi yang digelar oleh Fossil Free London dan Greenpeace.

"Dunia tengah tenggelam karena bahan bakar fosil. Harapan, mimpi, dan kehidupan kami tersapu oleh banjir kebohongan," kata Thunberg.

"Telah jelas selama puluhan tahun industri bahan bakar fosil mengetahui konsekuensi dari bisnis model mereka namun mereka tidak melakukan apa pun."

"Kebalikannya, mereka secara aktif menunda, mengalihkan perhatian, dan membantah penyebab perubahan iklim," pungkasnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat