visitaaponce.com

Ini Anjuran Jumlah Asupan Air Harian yang Tepat Sesuai Usia

Ini Anjuran Jumlah Asupan Air Harian yang Tepat Sesuai Usia
Ilustrasi konsumsi air dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan tubuh.(Children's Hospital Colorado)

AIR merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Sekitar 80% dari kebutuhan individu merupakan kontribusi dari cairan termasuk air, dan sisanya diperoleh dari makanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan jumlah asupan air yang berbeda-beda.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasikan untuk masyarakat Indonesia yaitu:

1. 1.900 ml untuk anak-anak usia 7 sampai 9 tahun, dan

2. 1.800 ml untuk anak-anak dari 10 sampai 12 tahun.

Baca juga: Ini Dampak Negatif Kelebihan Minum Air Mineral bagi Tubuh

Sedangkan rekomendasi AI dari US Institute of Medicine (IOM) untuk air adalah:

1. 1.700 ml/hari untuk anak-anak dalam kelompok usia 4-8 tahun

2. 2.100 ml/hari untuk anak perempuan dan 2.400 ml/d untuk anak-anak. pada kelompok usia 9-13 tahun

Hasil penelitian di Amerika menunjukkan bahwa konsumsi air putih yang dianjurkan kepada kelompok wanita usia 25-42 tahun sebesar >2 liter per hari (Aprillia & Khomsan, 2014).

Pada umumnya, kebanyakan orang memang tercukupi kebutuhannya dengan minum 8 gelas per hari atau setara dengan dua liter. Pesan ini juga mudah untuk diingat sehingga terus disampaikan kepada masyarakat.

Baca juga: Ahli Jelaskan Banyak Minum Air Sama Bahayanya dengan Dehidrasi

Adapun jadwal minum air putih yang baik buat kesehatan sebagai berikut:

1. Setelah Bangun Tidur

Tahukah Anda bahwa salah satu jadwal minum air putih yang baik adalah setelah bangun tidur?

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Ketika bangun, umumnya kita akan merasa haus, yang merupakan indikasi tubuh telah kekurangan cairan.

Oleh karenanya, kita perlu mengisi ulang persediaan air tubuh dengan meminum satu sampai dua gelas air putih. Selain itu, manfaat minum air putih setelah bangung tidur juga dapat memperlancar metabolisme dan membantu membuang racun dalam tubuh.

2. Sebelum Mandi

Jadwal minum air putih yang baik selanjutnya adalah meminum air putih tepat sebelum mandi. Kesegaran air putih apabila dipadukan dengan kehangatan air yang didapat ketika mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Sebelum Makan (Pagi, Siang, Malam)

Ternyata, meminum air putih ketika proses makan berlangsung dapat melemahkan kinerja cairan pencernaan [2]. Waktu yang tepat untuk meminum air putih adalah 30 menit sebelum makan. Jaga porsinya, karena jika konsumsi air putih terlalu banyak dapat mengganggu proses pencernaan serta pelarutan makanan dan enzim-enzim yang diperlukan dalam perut.

4. Ketika Anda Merasa Lelah

Jadwal minum air putih yang baik berikut yakni ketika tubuh terasa lelah. Anda pasti sudah tahu bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ini berarti, sebagian besar kinerja tubuh bergantung pada air, termasuk bagian penting seperti otak dan organ penting lainnya.

Kekurangan air dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi, sakit kepala, kabut otak, depresi, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda harus ingat anjuran minum air putih satu ini: ketika Anda merasa lelah, minumlah air putih.

5. Sebelum, Saat, dan Setelah Berolahraga

Mungkin jadwal minum air putih yang baik satu ini sudah dikenal oleh banyak orang. Seperti penjelasan sebelumnya, menjalani gaya hidup sehat berarti menjaga keteraturan berolahraga. Ketika kita berolahraga, tubuh akan berkeringat dan itu berarti cairan dalam tubuh juga akan berkurang.

Minumlah air putih dengan porsi sesuai anjuran untuk mencegah dehidrasi, sekaligus meningkatkan daya otot tubuh.

7. Ketika Anda Sakit

Air putih juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, umumnya Anda diminta untuk meningkatkan intensitas minum air putih saat sakit agar cairan tubuh seimbang, misalnya saat demam.

Itulah ketujuh jadwal minum air putih yang baik untuk diterapkan sehari-hari guna memperoleh manfaatnya secara optimal.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat