visitaaponce.com

Jemaah Haji Diminta Tidak Memaksakan Diri hingga Sebabkan kelelahan dan Dehidrasi

Jemaah Haji Diminta Tidak Memaksakan Diri hingga Sebabkan kelelahan dan Dehidrasi
Jemaah haji diminta tidak dehidrasi(Antara)

KELELAHAN dan dehidrasi sering dialami jemaah bahkan tanpa disadari membuat jemaah haji tersebut alami stroke. Jemaah haji disarankan melakukan persiapan rohani, persiapan fisik, persiapan mental, administrasi, hingga logistik.

"Pelaksaan ibadah haji dengan cuaca yang panas akan mudah mengalami dehidrasi, stroke, kelelahan, koordinasi terganggu, dan banyak penyakit menular. Maka disarankan dan edukasi pada pendamping haji untuk meminta jemaah rutin konsultasi ke dokter," kata Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) Syarief Hasan Lutfie dalam konferensi pers secara daring, Jumat (7/6).

Setelah pulang pun jemaah haji juga diperlukan istirahat optimal, makan bergizi, peregangan/relaksasi, minum banyak. Pantau kondisi tubuh secara rutin, terutama bagi yang mengidap diabetes, hipertensi, serta kondisi kesehatan lainnya yang memerlukan perhatian khusus.

Baca juga : Proses Keberangkatan Jemaah Haji ke Arafah akan Gunakan Smart Card, Ini Prosedurnya

Diketahui jemaah haji tahun ini sebanyak 241 ribu dan 76% jemaah merupakan risiko tinggi yang dengan penyakit terbanyak adalah ISPA, hipertensi, migrain, diabetes melitus, kelainan sistem kardiovaskular dan sistem respirasi.

"Kita tidak bisa andalkan diagnosa klinis namun perlu juga mengukur kemampuan fisik karena haji merupakan ibadah fisik. sehingga diperlukan diagnosa klinis dan fungsional," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Dr Moh. Adib Khumaidi mengatakan pengawasan yang dilakukan oleh petugas kesehatan di Tanah Suci sangat maksimal.

"Koordinasi Kemenkes dan Kemenag sudah sangat baik. Termasuk juga pengawasan atau seleksi kesehatan yang berkaitan dengan masalah kesehatan," ungkap Adib. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat