visitaaponce.com

Brasil Kirimkan Bantuan Darurat ke Wilayah Amazon yang Dilanda Kekeringan

Brasil Kirimkan Bantuan Darurat ke Wilayah Amazon yang Dilanda Kekeringan
Musim panas menyebabkan kekeringan dan kebakaran lahan di kawasan Amazon, Brasil(Michael Dantas / AFP)

Pemerintah Brasil pada Kamis (28/9( mengumumkan akan mengirimkan bantuan darurat ke negara bagian Amazon yang mengalami kekeringan parah. Sejauh ini, bencana tersebut telah menurunkan populasi ikan, sumber makanan utama bagi masyarakat adat yang tinggal di sana.

Negara bagian Amazonas di barat laut Brasil merupakan negara bagian terbesar berdasarkan luas wilayah, mencakup sebagian besar hutan hujan Amazon dan merupakan habitat bagi sekitar empat juta orang, yang sebagian besar adalah penduduk asli.

“Pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyediakan makanan, air minum dan obat-obatan,” kata Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva. Dia mengatakan 56 dari 62 kotamadya di negara bagian tersebut terancam.

Keadaan darurat kekeringan diumumkan Rabu di 15 kota, dengan total populasi 111.000 jiwa, kata departemen pertahanan sipil pemerintah negara bagian. “Kami memperkirakan sekitar 300.000 paket makanan akan dibutuhkan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dasar mereka,” kata Silva.

Selain membunuh ikan di sungai, rendahnya permukaan air juga mempengaruhi perjalanan melalui saluran air setempat, yang merupakan hal penting di Amazonas. Wilayah ini menderita akibat fenomena cuaca yang dikenal sebagai El Nino, yang mengurangi pembentukan awan sehingga mengurangi curah hujan.

Kekeringan yang terjadi setelah hujan lebat pada awal tahun ini mencerminkan kondisi yang oleh para ahli dikaitkan dengan pemanasan global. “Brasil adalah negara yang rentan,” kata Silva, mengingat badai baru-baru ini yang menewaskan hampir 50 orang di negara bagian Rio Grande do Sul.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat