visitaaponce.com

Ini Tips dari Pakar untuk Atasi Biang Keringat

Ini Tips dari Pakar untuk Atasi Biang Keringat
Cuaca panas dapat mendorong timbulnya biang keringat yang bisa membuat aktivitas kita menjadi kurang nyaman.(Unsplash/Hans Reniers)

 

Meski bukan penyakit serius, kemunculan biang keringat tentu dapat menghambat aktivitas keseharian Anda karena sensasi gatal yang ditumbulkannya. Biang keringat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah, bintik-bintik merah kecil, dan terasa gatal.

Biang keringat muncul di kulit tubuh disebabkan oleh cuaca panas. "Biasanya muncul berupa benjolan kecil yang gatal dan sering kali disebabkan oleh cuaca panas dan lembab atau keringat berlebih," kata pakar kulit dan dokter estetika, Dr David Jack.  

"Bintik merah kecil dapat terbentuk di area tersebut karena kelenjar keringat tersumbat," lanjutnya.

Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat, seperti dilansir dari situs Women's Health.

1. Oleskan sesuatu yang dingin.
Untuk meredakan ruam, National Health Service (NHS) menyarankan Anda mengoleskan sesuatu yang dingin seperti kain lembab atau kompres es selama tidak lebih dari 20 menit.

2. Tingkatkan Asupan Vitamin C
Sebuah studi JAMA menunjukkan bahwa 500mg vitamin C sehari dapat mengurangi gejala biang keringat.

Jadi, cobalah mengonsumsi buah dan sayuran seperti stroberi, kiwi, brokoli, dan paprika saat cuaca panas.  Jika Anda khawatir tidak mendapatkan cukup vitamin C, tambahkan suplemen ke dalam makanan harian Anda.

3. Hentikan penggunaan sabun mandi cair yang wangi.
Sabun cair yang wangi akan semakin mengiritasi ruam.  Sebagai gantinya, gunakan sabun dengan formula lembut yang bebas pewangi.

"Cuci area yang terkena dengan sabun lembut bebas pewangi.  Sabun yang keras atau menggosok secara berlebihan dapat memperburuk kondisi ini," kata Dr Jack.

4. Cobalah pengobatan alami
Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan chamomile dan oatmeal secara topikal (dikenal dengan sifat antihistaminnya) dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan biang keringat.

Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk menenangkan kulit dengan cepat, Anda juga dapat mencoba mengoleskan yogurt ke area yang terkena dan biarkan selama 15 menit.

Kultur hidup dan antihistamin alami yang ditemukan dalam yogurt tawar membantu meningkatkan flora bakteri dan memperkuat fungsi sistem kekebalan Anda.

5. Jaga agar area yang terkena tetap kering
Kelembaban dapat memperburuk biang keringat.  "Menyeka keringat dengan lembut menggunakan handuk lembut dan bersih bisa membantu," ucap Dr Jack.

6. Gunakan tabir surya terbaik untuk biang keringat.
Beberapa formula tabir surya dapat menyumbat pori-pori dan memerangkap keringat, yang dapat memperburuk gejala biang keringat.

Hindari formula yang mengandung minyak mineral berat dan silikon – sering ditemukan dalam formula tahan air – karena ini adalah penyebab terburuk.

Krim tabir surya terbaik untuk biang keringat mengandung faktor pelindung alami dan tidak mengandung pewangi sintetis.  

7. Hindari menggaruk
Menggaruk sekitar area yang gatal dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi.

"Cobalah untuk tidak menggaruk area yang terkena, atau pertimbangkan untuk menggunakan krim atau losion antigatal yang dijual bebas sesuai petunjuk," ujar Dr Jack.

Apabila tujuh cara tersebut telah dilakukan namun kondisi biang keringat Anda tetap membandel, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat