visitaaponce.com

5 Bahan Alami Rekomendasi Ahli untuk Mengobati Kutu Air

5 Bahan Alami Rekomendasi Ahli untuk Mengobati Kutu Air
ilustrasi kutu air(Freepik)

PENYAKIT kutu air merupakan salah satu jenis infeksi jamur yang dapat menimbulkan gejala nyeri seperti gatal, kemerahan, kulit mengelupas, bahkan melepuh. Penyakit ini sering menyerang kulit di sela-sela jari kaki, namun bisa juga terjadi di area lain seperti telapak kaki dan area tubuh lainnya seperti jari tangan.

Penyakit kutu air paling efektif diobati dengan krim topikal yang diresepkan atau dengan obat yang dijual bebas. Namun, Anda juga dapat mencoba menghilangkan infeksinya di rumah jika ringan.

Berikut lima pengobatan alami untuk kutu air yang bisa dilakukan di rumah:

1. Oleskan tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antijamur, sehingga dapat membantu mengobati penyakit kutu air. Sebuah penelitian tahun 2002 menemukan sekitar 70% kelompok studi yang menggunakan tea tree oil mengalami perbaikan gejala kutu air, dibandingkan dengan 39% pada kelompok plasebo.

Melansir dari situs Insider, menurut Jason Galante, seorang ahli bedah kaki dan pergelangan kaki bersertifikat double-board di New Jersey, Anda dapat menggunakan tea tree oil untuk mengobati penyakit kutu air dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

- Mandi dan keringkan kaki Anda secara menyeluruh.
- Oleskan minyak langsung pada kulit dan kuku Anda.
- Ulangi proses ini sekali atau dua kali sehari sampai infeksinya hilang.

2. Merendam kaki dalam teh

Merendam kaki dalam teh juga dapat meringankan gejala kutu air. Sebuah uji klinis kecil pada tahun 2013 menemukan bahwa merendam kaki yang mengandung polifenol teh hijau selama 12 minggu — zat gizi mikro yang ditemukan dalam makanan nabati — memperbaiki gejala penyakit kutu air pada pasien lanjut usia dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Teh hitam juga dapat meringankan gejala penyakit kutu air, terutama bau badan, karena adanya jenis polifenol tertentu yang disebut tanin.

“Tanin yang ada dalam teh hitam membantu mengatasi bau kaki,” kata Galante.

3. Taburkan tepung maizena di jari kaki

Tepung maizena, bahan dapur umum yang terbuat dari jagung, juga dapat mengobati penyakit kutu air dengan menyerap kelembapan berlebih dari kaki, kata Galante. Karena menjaga kaki tetap kering dapat mencegah penyebaran infeksi jamur ini.

4. Disinfeksi sepatu

Penyakit kutu air mudah menular. Sebab itu, agar Anda tidak terkena penyakit kutu air kembali, Anda perlu disinfeksi barang-barang termasuk sepatu. 

Anda dapat menyemprot sepatu dengan semprotan disinfektan, seperti Lysol. Ini bisa dilakukan seminggu sekali selama sebulan dan sebulan sekali setelahnya. Semprotan disinfektan dapat mengurangi segala jenis patogen atau spora jamur yang dapat hidup di dalam sepatu Anda.

5. Tingkatkan kebersihan kaki

Kebersihan yang baik sangat penting diperhatikan, sebab jamur akan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap, kata Galante. Tip untuk mencegah penyebaran atau kambuhnya penyakit kutu air antara lain:

- Kenakan sandal jika memungkinkan untuk menjaga kaki Anda tetap kering
- Gantilah sepatu setiap 2-3 hari
- Hindari kaus kaki yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kering, seperti nilon.
- Pilih kain yang menyerap kelembapan untuk kaus kaki Anda.
- Cuci dan keringkan sela-sela jari kaki saat mandi
- Jaga kaus kaki Anda tetap bersih dan kering dan gantilah jika kaki Anda berkeringat.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat