visitaaponce.com

Jarang Memakai Bra, Apa yang Terjadi Pada Payudara

Jarang Memakai Bra, Apa yang Terjadi Pada Payudara?
Frekuensi penggunaan beha atau kutang ternyata dapat memengaruhi kesehatan payudara.(123RF)

PERNAHKAH Anda memperhatikan apa yang sebenarnya terjadi jika Anda sering tidak mengenakan bra? Dr. Gandhali Deorukhkar Pillai, seorang konsultan di Departemen Kebidanan dan Ginekologi, dari RS Wockhardt, Mumbai, India mengatakan bahwa hal tersebut ternyata baik untuk kesehatan payudara.

"Tidak mengenakan bra memberikan banyak manfaat”, kata Dr. Pillai. Lebih lanjut, ia mengungkapkan tujuh manfaat dari tidak memakai bra, seperti dikutip dari situs Healthshots.

1. Sirkulasi darah menjadi lebih baik.
Pemakaian beha yang ketat dapat menghambat aliran darah.  “Tentu saja ika Anda memakai bra yang terlalu ketat akan menghambat sirkulasi darah di bawah payudara Anda," tutur Dr. Gandhali.

"Oleh karena itu, beberapa wanita merasakan nyeri di dada. Tidak memakai bra adalah langkah yang bagus jika Anda ingin meningkatkan sirkulasi darah Anda," lanjutnya.

2. Anda tidur lebih nyenyak.
Tidur tanpa beha membantu kita tidur lebih nyenyak tanpa menimbulkan tekanan pada kulit.  Faktanya, ada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International yang menyatakan bahwa mengenakan pakaian ketat seperti bra atau celana dalam  saat tidur dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat tidur.

3. Anda bernapas lebih baik.
Dr. Pillai mengatakan kompresi yang ditimbulkan oleh kawat pada bra di diafragma dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat bernapas, terutama bagi penderita asma.

"Tidak menggunakan bra berkawat memberikan banyak kelegaan saat Anda tidak memakai bra," kata Dr. Pillai.

4. Lebih kecil kemungkinan Anda terkena infeksi jamur.
Ada bahan tertentu yang menyebabkan banyak keringat dan hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama cuaca panas ketika kelembapan tinggi.  

“Saat Anda berkeringat, payudara dan bahan bra Anda mengalami banyak gesekan yang dapat menyebabkan rasa gatal dan kemerahan," ungkap Dr. Pillai.

"Selain itu, karena penumpukan keringat, besar kemungkinan Anda terkena infeksi jamur.  Tapi jika Anda tidak memakai bra, Anda tidak perlu khawatir," lanjutnya.

5. Puting payudara menjadi lebih baik.
Beha yang dilengkapi bantalan untuk mempercantik ukuran atau bentuk payudara pemakainya menjadi pilihan yang cukup banyak dipakai wanita saat ini. Namun, jika kulit puting Anda sensitif, beha semacam itu bisa membuatnya kering dan menjadi gatal.

6. Anda tidak akan terkena kista payudara.

Dr. Pillai mengungkapkan meskipun memakai beha bukan satu-satunya alasan terjadinya kista payudara, namun jika Anda kerap memakai bra yang sangat ketat atau berkawat selama berjam-jam, hal itu dapat berpotensi menyebabkan kista payudara.  

"Itulah mengapa tidak memakai bra juga bisa menjauhkan Anda dari masalah ini,"  saran Dr. Pillai.

7. Kemungkinan Anda terkena kanker.
Dr. Pillai menekankan bahwa hal ini dapat dihindari apabila Anda tidak menggunakan bra berkawat yang terkadang dapat merusak jaringan payudara. Dia juga merekomendasikan, jika Anda tetap memilih untuk menggunakan bra berkawat, Anda sebaiknya menghindari memakainya dalam waktu lama.

"Tidak memakai bra selamanya juga bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Namun, Anda dapat memilih untuk tidak mengenakan bra pada saat-saat tertentu tergantung kenyamanan Anda," pungkas Dr. Pillai. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat