visitaaponce.com

Zuckerberg Uji Coba Integrasi Threads dengan Platform Lain

 Zuckerberg Uji Coba Integrasi Threads dengan Platform Lain
Logo Threads(Stefani Reynolds / AFP)

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa platform Threads kini sedang diuji coba diintegrasikan dengan fediverse, berkat dukungan untuk protokol ActivityPub. Fediverse sendiri adalah jaringan server yang saling terhubung yang digunakan untuk media sosial, blog, hosting file, dan aktivitas web modern lainnya.

Dalam integrasi ini, Zuckerberg mengatakan postingan di Threads sekarang akan tersedia di Mastodon, Pixelfed, dan layanan lain yang menggunakan ActivityPub. Adapun ActivityPub adalah protokol yang digunakan untuk memposting di jaringan terdesentralisasi.

Dalam sebuah posting di Threads pada Rabu (13/12), Zuckerberg mengungkapkan integrasi dengan ActivityPub ini dilakukan agar unggahan di Threads dapat menjangkau lebih banyak orang.

"Memulai sebuah pengujian di mana postingan dari akun Threads akan tersedia di Mastodon dan layanan lain yang menggunakan protokol ActivityPub. Membuat Threads dapat dioperasikan akan memberikan lebih banyak pilihan kepada orang-orang tentang bagaimana mereka berinteraksi dan ini akan membantu konten menjangkau lebih banyak orang. Saya cukup optimis tentang hal ini," tulis Zuckerberg, dilansir dari Social Media Today, Kamis (14/12).

Untuk saat ini, belum ada detail lebih lanjut mengenai kapan integrasi Threads dengan ActivityPub akan diperluas setelah uji coba awal. Pengujian ini juga hanya membahas satu aspek dari jejaring sosial dan hanya memungkinkan postingan dari Threads ke Mastodon, bukan sebaliknya. Dengan dukungan penuh pada akhirnya untuk ActivityPub, pengguna seharusnya dapat memposting dari Mastodon ke Threads.

Terlepas dari keterbatasannya, ini adalah langkah awal bagi Threads untuk memenuhi janjinya untuk mendukung ActivityPub. Dukungan untuk ActivityPub juga akan memainkan peran penting dalam kemampuan Meta untuk meluncurkan Threads di Uni Eropa.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat