visitaaponce.com

Ini Kiat Sukses Menjalankan Resolusi Tahun Baru

Ini Kiat Sukses Menjalankan Resolusi Tahun Baru
Ada langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mencegah kegagalan resolusi tahun baru.(Unsplash)

MEMASUKI tahun baru, orang-orang kerap membuat daftar resolusi tahun baru yang ingin dicapai. Bagi sebagian orang, resolusi tahun baru adalah cara sempurna untuk memulai tahun dengan penuh optimisme dan keyakinan bahwa mereka mampu menghentikan kebiasaan buruk, menerapkan kebiasaan sehat, dan memperbaiki kehidupan mereka.  

Pakar menjelaskan, setelah menetapkan resolusi tahun baru, ada banyak cara efektif untuk membuat dan  menjalankan resolusi yang telah dibuat.  

Berikut tips mencegah resolusi tahun baru gagal dijalamlan, menurut para ahli, melansir dari situs gaya hidup, Real Simple.

1. Resolusi yang Realistis.

Caroline Leaf, Ph.D., ahli saraf kognitif dan penulis Cleaning Up Your Mental Mess mengatakan lebih mudah untuk tetap berpegang pada resolusi jika Anda memiliki peluang untuk mencapai tujuan Anda.

“Menetapkan resolusi tahun baru tidak berarti mencoba mengubah segala sesuatu yang ingin Anda ubah sekaligus. Salah satu alasan mengapa begitu banyak resolusi gagal adalah karena orang sering kali menetapkan tujuan yang besar, mengikuti resolusi tersebut selama beberapa hari atau minggu, dan mulai merasa lelah ketika mereka melihat masih banyak hal yang harus mereka lakukan," katanya.

"Saat kita melakukan ini, ini seperti mencoba melakukan sprint selama 365 hari," lanjut Leaf.

Oleh karena itu, mulailah dari hal kecil dan realistis untuk menyiapkan diri Anda menuju kesuksesan.  “Buatlah resolusi yang secara keseluruhan berdampak positif pada hidup Anda dan dapat dicapai,” kata Julian Lagoy, M.D., psikiater dari Mindpath Health.  

“Banyak orang membuat resolusi yang terlalu dibuat-buat sehingga tidak masuk akal jika mereka berpikir bahwa resolusi tersebut bisa dicapai pada tahun depan," lanjutnya.

2. Pilih Kata-kata dengan Hati-hati.

Saat membuat resolusi, kata-kata yang Anda gunakan dapat berdampak pada hasilnya.  “Pada tingkat neurolinguistik, pilihan kata dapat membuat perbedaan antara ingin mempertahankan resolusi Tahun Baru, dan tidak benar-benar berkomitmen dalam perubahan,” kata Carla Marie Manly, Ph.D., psikolog klinis di Sonoma County, California dan penulis Joy From Fear.  

“Saat Anda membuat resolusi, pastikan untuk menggunakan kata-kata seperti 'Saya ingin' daripada 'Saya harus'.  Mereka yang ingin melihat perubahan lebih besar kemungkinannya untuk mempertahankan resolusi dibandingkan dengan mereka yang resolusinya terasa 'seharusnya' karena rasa malu," lanjutnya.

3. Mengubah Resolusi Menjadi Rutinitas.

Kunci untuk menjaga resolusi tahun baru adalah memasukkannya ke dalam rutinitas, menurut Dion Metzger, M.D., seorang psikiater yang berpraktik di Atlanta.  

“Kebanyakan orang berpikir bahwa mengatakan sebuah resolusi atau menuliskannya sudah cukup untuk mewujudkannya,” kata Metzger.  

"Ini bukan tentang resolusinya, tapi apa yang Anda rencanakan untuk melakukannya,"  lanjutnya. Inilah rencana resolusi tiga langkah yang dia gunakan untuk membantu kliennya mengubah resolusi mereka menjadi gaya hidup di tahun baru:

Percayalah: "Kebiasaan itu dimulai dari pikiran Anda," kata Metzger.  Anda tidak hanya harus yakin bahwa Anda mampu memulai tugas, tetapi juga mampu melakukannya secara konsisten.

- Memprediksi: "Pikirkan hambatan apa yang mungkin menggagalkan jalan penyelesaian Anda," katanya.  "(Misalnya) Tidak punya waktu ke gym sebelum bekerja? Berpakaianlah di gym untuk menghemat waktu. Prediksi kendala Anda sehingga bisa menyiapkan solusi."

- Mulailah: "Anda yakin bisa, bersiap menghadapi tantangan yang mungkin terjadi di masa depan, dan sekarang saatnya untuk melangkah maju," katanya.  "Anda tidak perlu ditemani atau menunggu sampai hari lain. Mulailah sekarang. Hilangkan keraguan, abaikan orang-orang yang tidak setuju, dan mulailah sepenuhnya."

4. Jangan Takut untuk Bereksperimen.

Seorang konsultan kreatif, Ian Sanders mengatakan alasan lain mengapa sebaiknya menghindari pencapaian tujuan yang berlebihan dan tidak realistis adalah karena mengambil langkah kecil dan praktis untuk meningkatkan kehidupan memberi Anda kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru.

"Ambil pendekatan eksperimental. Cobalah berbagai hal, lihat apa yang berhasil, dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda menggapai resolusi Tahun Baru Anda lebih cepat dari yang pernah Anda bayangkan," kata Sanders.

5. Kembangkan Kebiasaan Pengganti.

Jika resolusi Anda melibatkan menciptakan kebiasaan yang lebih sehat dengan menghilangkan kebiasaan yang tidak diinginkan seperti kebiasaan buruk, direkomendasikan agar kebiasaan baru yang sehat siap menggantikannya.  

“Agar resolusi Tahun Baru tidak menyimpang, penting untuk memiliki kebiasaan baru yang positif—perilaku pengganti—yang siap menggantikan kebiasaan yang tidak diinginkan,” kata Sanders.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah mengurangi konsumsi minuman manis, sediakan banyak teh herbal dan minuman non-gula lainnya sebagai penggantinya.  Mentalitasnya berubah dari, "Saya tidak boleh minum X," menjadi "Saya malah minum X".  

“Ketika jiwa belajar bahwa ada pengganti positif ketika kebiasaan lama dilepaskan, maka ia menjadi lebih mudah menerima perubahan,” kata Manly.  

6. Resolusi yang Spesifik dan Rinci.

Menurut Lagoy, resolusi akan lebih mudah dicapai jika resolusi tersebut konkrit dan tidak samar-samar.  Misalnya, jika tujuan Anda adalah ingin berolahraga lebih banyak, "Saya akan pergi ke gym setidaknya sekali seminggu merupakan resolusi yang lebih cerdas daripada "Saya ingin menjadi bugar."  

Menjadi bugar mungkin merupakan dorongan yang memotivasi, namun tujuan atau resolusi harus mencakup bagaimana, secara spesifik Anda berencana untuk melakukannya.

7. Fokus pada Rasa Syukur.

"Faktor kunci lain yang akan membantu Anda tetap berpegang pada resolusi Anda adalah dengan mewujudkannya dengan rasa syukur,” kata Leaf.

Dia menyarankan untuk menuliskan segala sesuatu yang terjadi pada tahun lalu yang membuat Anda bahagia.  Pikirkan tentang apa yang terjadi selama setahun terakhir dan bagaimana Anda sampai pada posisi Anda sekarang.

“Bersyukurlah atas pertumbuhan ini,” ujarnya.  "Fokuslah pada hal-hal positif dan ubahlah hal-hal negatif. Ini akan membangun ketahanan mental Anda dengan membangun jaringan saraf yang sehat di otak, yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan lebih baik di masa depan," lanjutnya.

8. Lakukan Bertahap

Saat Anda menetapkan resolusi untuk tahun mendatang, Leaf mengatakan untuk berlatih melakukannya secara bertahap. Manly merekomendasikan untuk memulai dengan tujuan utama yang spesifik dan dapat dicapai dan mendukungnya dengan beberapa tujuan mikro yang jelas dan bertahap.  

Misalnya, jika tujuan Anda adalah berlari sejauh lima mil, mulailah dengan berlari sejauh setengah mil, kemudian satu mil, dan seterusnya, daripada mencoba berlari sejauh lima mil pada hari pertama.

9. Rayakan Kemenangan Kecil.

Merayakan pencapaian kecil dalam perjalanan menuju tujuan Anda yang lebih besar adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda tetap termotivasi.  

Katakanlah tujuan Anda adalah membaca 20 buku tahun ini.  Setelah setiap buku yang Anda baca, manjakan diri Anda dengan sesuatu yang Anda sukai, seperti minuman favorit atau makanan lezat untuk dibawa pulang. Camilan kecil ini akan membuat Anda bersemangat untuk terus mengambil langkah untuk mencapai resolusi Anda.

10. Cukup Daftar Pendek. 

Buat daftar pendek resolusi, pikirkan 1-3 resolusi teratas.  Dengan cara ini Anda dapat memfokuskan energi Anda, alih-alih memaksakan diri untuk mencoba mencapai daftar panjang tujuan Anda dan merasa tidak senang di akhir tahun ketika Anda tidak menyelesaikan satu pun tujuan tersebut. Sebab, diri Anda sendiri tidak dapat secara realistis fokus pada sepuluh hal sekaligus. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat