visitaaponce.com

Meditasi bersama Kunto Aji di Ruang Tenang

Meditasi bersama Kunto Aji di Ruang Tenang
Kunto Aji mengajak penggemarnya bermeditasi bersama menyambut tahun baru dalam konser Urup.(Dok. Sanustra)

BERDIRI sebuah bangunan kubus berwarna hitam berukuran 10 x 10 x 5 meter tepat di depan panggung pertunjukan yang dihelat saat matahari pertama 2024. Bangunan tersebut bernama Ruang Tenang yang diciptakan oleh komunitas sosial Sanustra (Sadar Nusantara). 

Ruang Tenang dibangun di area Asram Edupark Yogyakarta, yang menjadi bagian dari konser perdana tahun baru 2024 musikus Kunto Aji bertajuk Konser Urup 2024. Konser tersebut sekaligus menyambut terbitnya matahari di hari pertama 2024, Senin, 1 Januari.

Ruang Tenang mengajak sekitar lebih dari 200 orang untuk ikut merasakan pengalaman dari rangkaian kegiatan yang dilakukan. Mulai dari grounding, berjalan tanpa alas kaki mengelilingi bangunan Ruang Tenang di jalur batu sambil membuang garam doa, lalu pengunjung masuk ke dalam Ruang Tenang dan disuguhkan teh meditasi. Setelah minum teh meditasi, sekitar 20 orang per sesinya akan bermeditasi dan olah napas bersama sambil diiringi video instrumental Urup dengan visual lanskap Nusantara dan dipandu suara Kunto Aji.

“Ruang Tenang adalah instalasi seni yang dibuat agar kita bisa mengapresiasi kehidupan. Selaras dengan tema yang dibawa Kunto Aji melalui album terbarunya Pengantar Purifikasi Pikir dalam Konser Urup 2024,” kata pendiri Sanustra Iyus Dharmawan melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (2/1/2023).

Terkait bentuk kotak hitam setinggi lima meter, Iyus Dharmawan mengungkapkan, bentuk tersebut merupakan metafora. Kotak hitam mewakili sesuatu yang misterius seperti pikiran manusia. Sementara batik kawung yang mengelilingi kotak hitam merepresentasikan terkadang untuk menemukan ketenangan manusia cukup melihat sejarah budayanya.

Ruang Tenang milik Sanustra sendiri sudah ada sejak 2022. Instalasi Ruang Tenang pun dibuat sangat adaptif dengan berbagai medium, bahkan bisa diterapkan sambil makan malam bersama. Ke depannya, Ruang Tenang akan terus berkolaborasi dengan banyak pihak untuk terus menggaungkan pesan kampanye mereka, #SadarGakSadar.

“Semuanya based on science, ya maksudnya bener-bener ada basic-nya. Ruang Tenang itu melibatkan semua panca indra ya. Mulai dari penciuman, mata, telinga, dan raba juga. Jadi ya melibatkan semuanya. Itu yang membedakan dari yang lain,” tambah Kunto Aji. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat