visitaaponce.com

Instalasi Seni Jaring Laut Halaman Rumah Jadi Koleksi Baru Museum Bahari

Instalasi Seni Jaring Laut Halaman Rumah Jadi Koleksi Baru Museum Bahari
Museum Bahari Jakarta memperkenalkan koleksi baru mereka, berkolaborasi dengan seniman Iwan Yusuf, instalasi berjudul "laut halaman rumah".(MI/Rifaldi)

MUSEUM Bahari Jakarta memperkenalkan koleksi baru mereka, berkolaborasi dengan seniman Iwan Yusuf, sebuah instalasi seni jaring berjudul ‘laut halaman rumah’. Instalasi berukuran 3x4 meter itu ditampilkan di Gedung B Museum Bahari Jakarta.

Lewat karya seni ini, Iwan menggambarkan kegembiraan anak-anak di tepi pantai, dia menyebut karya ini sedikit banyak terinspirasi dari memori kecilnya, ketika ia tinggal cukup dekat dengan wilayah pantai, yang mana sang ibu merupakan masyarakat pesisir.

“Karya ini mengingatkan masa kecil saya ketika di kampung halaman. Kenapa menggambarkan anak-anak, karena itu memori saya yang paling kuat, dan biasanya saya kalau pulang kampung juga suka ketemu anak-anak di pantai,” ucap Iwan dalam konferensi pers, Selasa (9/1).

Iwan mengatakan karya terbarunya tersebut memang dibuat khusus untuk dihadirkan di Museum Bahari Jakarta. Tema dan objek yang digambarkan dalam instalasi tersebut juga dinilai pas untuk ditampilkan di museum itu.

Dalam konteks bahari, Iwan berharap karyanya akan merangsang persepsi baru terhadap kehidupan laut, mengundang pengamat untuk menjelajah ruang dan makna yang lebih dalam dari setiap detail yang tertangkap dalam jaring.

Lebih dari itu, seniman asal Gorontalo itu juga berharap dengan ditampilkannya karya tersebut, nantinya dapat memicu seniman lain untuk berkolaborasi dengan pihak museum. Salah satunya dengan memanfaatkan ruang-ruang publik di Museum Bahari Jakarta sebagai ajang ekspresi.

"Saya kira kita harus menengok kembali bagaimana makna pantai bagi masyarakat pesisir. Seni itu kan hanya sebagai pemicu agar kita berpikir ulang mengenai sesuatu yang telah dilupakan, supaya ditengok kembali dengan cara pandang baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, Mis'ari, mengatakan  ‘laut halaman rumah’ dapat menjadi ikon baru bagi Museum Bahari Jakarta, sekaligus Menjadi sebuah penyegaran dari koleksi Museum Bahari Jakarta. 

Sebagai negara bahari, Mis'ari mengatakan masyarakat Indonesia harus bangga dengan laut Indonesia. Dia mengibaratkan,  laut adalah halaman rumah yang harus dirawat dan dicintai.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi ikon baru di Museum Bahari, semoga menjadi spot instagramable untuk pengunjung berfoto. Dan pastinya mereka dapat membawa pulang angan-angan mereka dari apa yang digambarkan mas Iwan dalam seni instalasi,” ucap Mis'ari. (Rif)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat