visitaaponce.com

Ekspor Produk Perikanan Tetap Berjalan

Ekspor Produk Perikanan Tetap Berjalan
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo(MI/Muhamad Irfan)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melepas ekspor produk perikanan Indonesia sebanyak 3.200 ton dengan nilai ekspor sebesar Rp194,6 Miliar. 

Produk perikanan dalam negeri ini akan dikirim ke 13 negara, di antaranya Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Mauritus, Reunion, Taiwan, Thailand, USA, Vietnam dan Lithuania.

Meski tengah dilanda pandemi Covid-19, Edhy mengatakan proses ekspor ini berjalan dengan baik. Indonesia pun akan terus digenjot untuk melakukan produksi perikanan di tengah lesunya aktivitas pasar dan dunia kuliner.

"Adapun volume hasil perikanan yang diekspor sebesar 3.200 ton atau senilai Rp 194,6 Miliar. Menggunakan KM OOCL Guangzhou, hasil perikanan tersebut berasal dari 36 perusahaan Indonesia yang dikemas dalam 115 unit kontainer," papar Edhy kepada awak media melalui konferensi secara virtual, Rabu (1/4).

Menteri Edhy menambahkan, komoditi yang diekspor pada hari ini terdiri dari 28 jenis yaitu Udang, Cumi, Paha Kodok, Sotong, Cunang, Cakalang, Yellow fins Tuna, Kakap Merah, Kerupuk Ikan. Kemudian Bawal Putih, Kepiting Kaleng, Udang Asin, Tepung Ikan, Minyak Ikan, Keong Kaleng, Tempura Udang, Loin Tuna, Ikan Kakak Tua, Ikan Layaran, Ikan Kerapu, Marlin, Kepiting Salju, Ikan Gulama, Ikan Barakuda, Ikan Cobia, Ikan Sebelah dan Tepung Udang.

Pihaknya pun berharap dengan hadirnya pemerintah mendukung produksi dan ekspor produk perikanan ini mampu memberikan sinyal positif untuk pelaku usaha sektor perikanan. Di tengah penurunan permintaan hingga 20% karena kekhawatiran wabah virus korona ini.

"Yang jelas apapun dalam kondisi korona atau tidak, orang akan butuh makan. Ikan salah satu produk yang sangat diminati. Yang jelas produksi harus terus kita genjot," tegasnya. (E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat