visitaaponce.com

Kekuatan Media Sosial Mampu Dongkrak Bisnis dan Usaha

Kekuatan Media Sosial Mampu Dongkrak Bisnis dan Usaha
Kekuatan media sosial kembali ia rasakan ketika merambah bisnis di bidang otomotif.(Dok. Pribadi)

MEDIA sosial memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membangun bisnis seseorang. Hal itu yang kemudian dimanfaatkan oleh Chandra Setiawan Kusuma, anak muda beromzet Rp500 juta sebulan yang juga pendiri Avenir Travel.

Ketika masih berusia 18 tahun, ia memberanikan diri untuk menjadi reseller paket tour and travel dengan mengambil keuntungan 10-15% dari harga satu grup. Berbagai cara dilakukan untuk menawarkan paket tour and travel.

Baca juga: Biro Perjalanan Konvensional Diharapkan Bisa Terus Bersaing

Berawal dari broadcast melalui sebuah komunitas tour and travel regional Indonesia yang ada di media sosial, ia berhasil mengumpulkan kurang lebih 50 pax per minggunya saat itu. Semua berkat promosi secara direct message dan broadcast.

Namun, kemudian Chandra mencari cara untuk memperbesar bisnisnya. Ia mempromosikan melalui online ads atau media promosi online yang banyak ditampilkan di beragam media sosial. Kerja kerasnya tersebut membawa Chandra memiliki bisnis travel sendiri di usia 22 tahun.

"Di usia 18 tahun, saya menjadi reseller dan menawarkan paket tour and travel untuk keluarga maupun korporat. Kemudian saya mencari cara agar bisnis berkembang dengan memanfaatkan online ads di beragam media sosial," ujar dia dalam keterangan di Jakarta, Senin (3/8/2020).

Beranjak dari bisnis tour and travel, ia mencoba ekspansi bisnis lain salah satunya adalah bisnis di sektor properti yang membuatnya jatuh bangun. Ia kemudian mendapatkan ide dengan menggandeng bantuan agen properti paruh waktu maupun penuh waktu.

Baca juga: Revolusi Media Sosial

"Salah satu proyek properti ialah The Hermosa Garden di bawah naungan Pranadipa Development yang berada di Sawangan, Depok, Jawa Barat," ujar pemilik Instagram @chandstwn yang memiliki hobi di bidang otomotif tersebut.

Kekuatan media sosial kembali ia rasakan ketika merambah bisnis di bidang otomotif. Bimmer Jakarta dan Priorite Garage adalah bisnisnya di bidang otomotif jual beli velg BMW seperti, BBS, Volk Rays, original BMW Rims, Voxen, dan berbagai macam brand lainnya. (RO/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat