visitaaponce.com

Bantuan Modal Bisa Membuat Pedagang Kecil Bertahan

Bantuan Modal Bisa Membuat Pedagang Kecil Bertahan
Presiden Joko Widodo memberikan salam saat penyaluran bantuan modal kerja (BMK) kepada pelaku usaha UMKM serta pedagang di Istana Bogor.(Dok. BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

PELAKU usaha kecil diminta terus bertahan menjalankan usaha di tengah pandemi covid-19 meski keuntungan yang diperoleh berkurang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hal itu saat kembali menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) sebesar Rp2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro dan kecil, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

“Saya mengharapkan yang ada di sini tidak menyerah, tetap bekerja keras dan berusaha keras agar usahanya bisa bertahan. Tidak apa-apa untungnya berkurang 50%, tapi jangan sampai tutup, jangan ada yang berhenti sampai nanti masuk ke keadaan normal,” katanya di depan puluhan pedagang kecil.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan optimisme pada satu titik semua aktivitas masyarakat akan kembali ke keadaan normal.

Kegiatan berusaha akan bisa normal kembali dengan dua syarat, yakni disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Tolong disampaikan kepada keluarga, tetangga, dan teman agar disiplin terhadap protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan sehabis kegiatan, jaga jarak seperti ini jangan masuk ke tempat yang kerumunannya padat,” imbau Presiden.

Terkait program vaksinasi, Presiden mengimbau masyarakat untuk tidak menolak vaksin.

Vaksinasi penting tak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga menciptakan kekebalan komunal yang akhirnya melindungi semua orang.

“Jadi, kita harapkan nantinya 70% penduduk Indonesia itu divaksin untuk mencapai yang namanya kekebalan komunal, yang namanya herd immunity sehingga kita harapkan tidak ada yang tidak mau divaksin. Semuanya kita harapkan yang 70% semuanya mau divaksinasi,” tambah Jokowi.

Sumber: Kementerian Koperasi dan UMKM/BRI/Riset MI-NRC

 

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan pemerintah berupaya keras memberi bantuan kepada masyarakat terdampak melalui sejumlah program bantuan sosial.

Salah satunya melalui bantuan modal yang telah digulirkan sejak Juli 2020 lalu.

Bantuan modal sebesar Rp2,4 juta yang diberikan kepada tiap pelaku usaha kecil itu untuk meringankan beban yang dialami akibat pandemi. Presiden berharap agar mereka mampu bertahan hingga nanti pandemi tertangani.

“Saya sudah bertemu dalam forum seperti ini sepuluh, dua puluh kali, sudah banyak sekali dan yang saya dengar keadaannya enggak beda jauh. Di Bogor, di Jakarta, di provinsi lain sama. Keadaan ini nanti akan bisa kembali normal kalau kita bisa menangani covid-19,” ucap Presiden. (Dhk/X-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat