visitaaponce.com

Saham Saudi Aramco Sentuh Rekor Tertinggi Baru

Saham Saudi Aramco Sentuh Rekor Tertinggi Baru
Papan bursa di bursa Bursa Efek (Tadawul) di Riyadh yang menampilkan saham Aramco beberapa waktu lalu.(AFP/Fayez Nureldine.)

SAHAM raksasa energi Saudi Aramco mencapai rekor tertinggi untuk hari kedua berturut-turut pada Kamis (3/3). Ini karena harga minyak global melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Saham Aramco diperdagangkan pada 45 riyal Saudi (US$12) di Riyadh, menurut situs pasar Saudi Tadawul, sebelum jatuh kembali ke 44,3 riyal Saudi (US$11,8) pada penutupan pasar. Pada Rabu, perdagangan berhenti di 43,05 riyal Saudi (US$ 11,48) per saham.

Kerajaan Teluk--pengekspor minyak mentah utama dunia--itu tetap menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan sejak daftar 11 Desember 2019. Aramco menetapkan harga penawaran umum perdana pada 32 riyal (US$8,53) per saham dan melonjak hingga batas maksimum 35,2 riyal pada debut pasarnya.

Harga satu barel minyak mentah West Texas Intermediate mencapai US$115 pada hari ini, tertinggi sejak 2008, karena perang dan sanksi terhadap Moskow memicu kekhawatiran terhadap pasokan global. Rusia ialah pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi yang dekat dengan pemerintah Barat tetapi juga dengan Moskow.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+), yang dipimpin oleh Riyadh dan Moskow, pada Rabu gagal menanggapi seruan untuk memproduksi lebih banyak dan lebih cepat, meskipun ada tekanan pada negara-negara Teluk pada khususnya. Arab Saudi mengonfirmasi komitmennya terhadap perjanjian OPEC+ dengan Rusia pada Minggu, kantor berita resmi Saudi Press Agency melaporkan.

Baca juga: Ketua DPD Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Pemulihan Ekonomi

Arab Saudi dipandang sebagai negara awal yang membentuk anggota OPEC. Rusia ialah pemain utama di antara 10 negara lain yang membentuk OPEC+. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat