visitaaponce.com

Ekonomi Digital Indonesia Akan Tumbuh Jadi Rp4.531 T Pada 2030

Ekonomi Digital Indonesia Akan Tumbuh Jadi Rp4.531 T Pada 2030
Ilustrasi(ANTARA)

WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan, ekonomi digital Indonesia diperkirakan tumbuh menjadi Rp4.531 triliun di 2030. Kemudian, bakal ada peningkatan sebanyak 21 juta konsumen digital baru dengan GMV (nilai barang dagangan kotor/gross merchandise value) di Indonesia yang mencapai US$70 miliar.

"Sektor e-commerce menjadi pendorong utama. Lalu penggunaan analisis big data bisa memberikan insight market yang lebih produktif dan efisien," ucapnya dalam keterangan, Minggu (3/4).

Angela mengatakan selama pandemi covid-19, transformasi digital menjadi kunci ketahanan banyak usaha di Indonesia. Menurutnya, 28% pelaku usaha di Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak akan bertahan selama pandemi jika bukan karena platform digital.

Tantangan ke depan, lanjut Wamenparekraf, adalah bagaimana generasi muda bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas serta melahirkan inovasi baru untuk perekonomian nasional.

"Bapak Presiden Joko Widodo secara tegas menyatakan bahwa kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital," kata dia.

Untuk mewujudkan agenda transformasi digital Indonesia, pemerintah telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 untuk mempercepat dan meningkatkan pemanfaatan serta pengembangan teknologi. "Masih banyak pekerjaan yang perlu kita lakukan untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital bangsa kita. Terus tingkatkan wawasan, pengalaman dan networking kita," pungkasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat