visitaaponce.com

Dapat Suntikan Dana Rp5 Triliun, PLN untuk Pengembangan Daerah 3T

Dapat Suntikan Dana Rp5 Triliun, PLN: untuk Pengembangan Daerah 3T
Foto udara pembangkit listrik kapal (BMPP) di wilayah Maluku.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo resmi memberikan penyertaan modal negara (PMN) kepada PT PLN (Persero) senilai Rp5 triliun. Adapun pemberian suntikan dana tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2022.

Penyertaan modal yang bersumber dari APBN bertujuan memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha perseroan. Diharapkan, PLN mampu melanjutkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Baca juga: Semua Istana Presiden Sudah 100 Persen Gunakan EBT

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai suntikan PMN sebagai bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat. Khususnya, di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Kami akan menggunakan PMN ini untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan di daerah yang masih sulit dijangkau, dengan program aksi korporasi dari PLN," jelas Darmawan di Istana Kepresidenan, Selasa (6/9).

Baca juga: PLN Percepat Pembangunan Tol Listrik di Sumatra

Menurutnya, daerah yang tergolong 3T masih ada di semua pulau besar, bahkan di Jawa sekalipun. Secara khusus di Papua, terdapat 443 desa yang belum teraliri listrik secara optimal.

"Ketika kita bicara daerah terpencil, tentu secara komersial tidak feasible. Tetapi, ini adalah kewajiban, bagian dari sila kelima, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang tentu harus dilaksanakan," tuturnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat