visitaaponce.com

LPEM UI Usulkan BI Naikkan Suku Bunga Acuan 50 bps Bulan Ini

LPEM UI Usulkan BI Naikkan Suku Bunga Acuan 50 bps Bulan Ini
Ilustrasi(dok.ant)

LEMBAGA Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas  Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) mengusulkan Bank Indonesia (BI) perlu kembali menaikkan suku bunga acuan pada Oktober 2022 ini. Upaya itu sebagai langkah preventif mengantisipasi potensi aliran modal keluar tambahan akibat kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh The Fed bulan depan.

Ekonom LPEM FEB UI Teuku Riefky mengatakan bahwa BI perlu menaikkan suku bunga setidaknya sebesar 50 bps menjadi 4,75% pada bulan ini. Sikap selangkah lebih depan ini diharapkan dapat meredam dampak ketidakpastian eksternal pada pasar keuangan dan valuta asing domestik.

"Pelebaran perbedaan suku bunga yang dihasilkan diharapkan dapat meredam dampak ketidakpastian eksternal pada pasar keuangan dan valuta asing domestik. Menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 50 bps akan membantu BI untuk memperlambat arus keluar modal dan mengurangi tingkat depresiasi, yang membantu mengurangi tekanan inflasi dari produk impor," jelas Riefky, dilansir dari keterangan resmi, Rabu (19/10).

Pada saat yang sama, dia menambahkan bahwa pemerintah Indonesia dikatakan dapat melakukan langkah-langkah untuk menjaga momentum pemulihan permintaan dan optimisme sektor riil terhadap prospek pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Riefky, saat ini inflasi terus melambung di atas kisaran target BI pascapenyesuaian harga BBM bersubsidi pada awal September 2022. Tingkat harga sektor energi dan transportasi mencatat lonjakan tertinggi pada September 2022 di tengah masih tingginya harga energi dan pangan global.

"Kenaikan tingkat harga sedikit mengoreksi kepercayaan konsumen meski masih dalam teritori optimis," ujar Riefky.

Dari sisi eksternal, surplus perdagangan menurun akibat tren normalisasi harga komoditas global. Pada saat yang sama, risiko gejolak keuangan global masih berlanjut dengan episode arus modal keluar akibat pengetatan moneter yang agresif oleh bank sentral di seluruh dunia.

Meskipun BI telah menaikkan suku bunga sebanyak dua kali, derasnya arus modal keluar menyebabkan pelemahan Rupiah menjadi Rp15.485 pada pertengahan Oktober.

Maka dari itu, sebagai langkah preventif dalam mengantisipasi potensi aliran modal keluar akibat kenaikan suku bunga The Fed bulan depan, BI perlu menaikkan suku bunga acuan bulan ini. (OL-13)

Baca Juga: Jokowi Optimistis Tahun Depan Ekonomi Indonesia tetap Terang

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat