visitaaponce.com

LPEM UI Luncurkan Buku Putih soal Energi Panas Bumi, Sumber Energi Alternatif

LPEM UI Luncurkan Buku Putih soal Energi Panas Bumi, Sumber Energi Alternatif
Peluncuran buku putih terkait energi panas bumi(Dok. LPEM UI )

PEMERINTAH diminta terus mencari energi alternatif untuk memaksimalkan penggunaan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan memanfaatkan panas bumi.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) menjelaskan energi panas bumi bisa menjadi alternatif pembangkit listrik. Namun, sejumlah regulasi perlu dilakukan agar sektor energi itu bisa berjalan di Tanah Air.

“Pemaparan studi dimulai dengan pemahaman terkait sifat dan risiko alami dari segi teknis, regulasi dan finansial untuk memberikan konteks terhadap tantangan dan peluang untuk investasi bisnis panas bumi,” kata Kepala Green Economy and Climate Research Group LPEM UI Alin Halimatussadiah melalui keterangan tertulis.

Baca juga : ESDM: Suntikan Dana Transisi Energi Masih Tersendat-sendat

LPEM FEB UI telah meluncurkan white papar atau buku putih terkait analisis bisnis dan kebijakan untuk mendorong investasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia. Dalam analisis itu, pengembangan energi panas bumi membutuhkan regulasi, teknis, dan finansial yang matang.

Direktur Panas Bumi pada Direktorat Jenderal EBTKE Kemeterian ESDM Harris Yahya mengatakan pemerintah berencana memperkuat sektor energi panas bumi. Pemerintah menyatakan sangat terbuka menerima semua riset dari masyarakat maupun akademisi.

“Inisiatif ini sesuai dengan visi pemerintah untuk memperkuat sektor energi panas bumi sebagai bagian integral dari portofolio energi nasional,” ucap Harris.

Baca juga : PLTSa Putri Cempo Akhirnya Resmi Beroperasi

Pemerintah menyambut baik riset yang diberikan. Sebab, kata Harris, analisis itu penting untuk mematangkan langkah pemerintah dalam mengelola sektor energi panas bumi.

“Terima kasih kepada LPEM FEB Universitas Indonesia atas kontribusinya dalam mengakselerasi perkembangan energi terbarukan di negeri ini,” ucap Harris. (MGN/Z-5)

Baca juga : Potensi Panas Bumi Flores jadi Modal Transisi Energi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat