visitaaponce.com

Sepi Order Industri Garmen di Cianjur Mulai Kurangi Jam Kerja

Sepi Order Industri Garmen di Cianjur Mulai Kurangi Jam Kerja
ilustrasi: Pekerja menyelesaikan proses menjahit kain di salah satu industri garmen, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (29/3)(dok.ant)

SEJUMLAH industri sektor garmen dan sejenisnya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mulai menerapkan pengurangan jam kerja bagi karyawan. Kondisi tersebut akibat berkurangnya orderan dari importir karena terdampak resesi global.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani, memastikan hingga saat ini di Kabupaten Cianjur belum terjadi PHK massal di beberapa sektor industri. Kepastian itu diperoleh setelah dilakukan dialog tripartit.

"Sampai hari ini alhamdulillah, informasi yang disampaikan pengusaha tidak ada PHK massal. Tapi yang ada baru sebatas pengurangan jam kerja," terang Endan ditemui seusai menghadiri upacara Hari Pahlawan di komplek Pemkab Cianjur, Kamis (10/11).

Endan menegaskan penerapan kebijakan pengurangan jam kerja di sektor industri dipicu mulai berkurangnya orderan dari luar negeri. Ia mencontohkan seperti di PT  Fasic Indonesia di Desa Selajambe Kecamatan Sukaluyu.

"PT Fasic itu kan perusahaan yang membuat jas (garmen). Informasi dari pihak perusahaan, saat ini orang Eropa itu jangankan beli pakaian, beli makanan juga sudah sulit. Makanya sekarang orderan berkurang," jelasnya.

Pengurangan jam kerja, sebut Endan, tentu bakal berpengaruh terhadap pengurangan yang juga akan berkurang. Pasalnya, tak sedikit perusahaan menerapkan pengupahan berdasarkan jam kerja. "Pasti berpengaruh terhadap besaran upah," ungkapnya.

Endan pun menegaskan hingga saat ini tidak ada perusahaan yang gulung tikar akibat resesi global. Pun tak ada perusahaan yang bereksodus ke daerah lain. "Malahan informasinya dari Bekasi dan Karawang ada yang mau pindah ke Cianjur," ucapnya.

Pada Rabu (9/11) petang di Gedung Garuda Pendopo Cianjur dilaksanakan silaturahmi lembaga kerja sama tripartit terdiri dari pemerintah, pengusaha, dan serikat pekerja. Pada silaturahmi itu dibahas kondusivitas iklim investasi di tengah resesi global serta upaya meningkatkan kesejahteraan buruh.

"Dari pemerintah kami menitipkan pesan kepada para pengusaha tidak melihat buruh sebagai 'musuh' tapi mitra. Kita tegaskan antara buruh dan pengusaha itu harus terbangun silaturahmi, sinergi, dan harmoni," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Bank Negara Malaysia Luncurkan Program Dekarbonisasi untuk UKM

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat