visitaaponce.com

Apa Itu Business Plan, Kunci Kesuksesan Bisnis

Apa Itu Business Plan, Kunci Kesuksesan Bisnis
Ilustrasi(Medcom)

DALAM berbisnis, kunci untuk meraih kesuksesan tidak hanya bergantung pada tingkat eksekusi atau kegiatan berbisnis sehari hari. Jauh dari itu, perencanaan yang matang dan sistematis menjadi kunci utama dalam suksesnya sebuah bisnis. Lalu, bagaimana cara kerja rencana bisnis atau business plan.

Baca juga: Pos Indonesia Rilis Obligasi Senilai Total Rp 500 Miliar

Business Plan atau Rencana Bisnis adalah sebuah perhitungan aktual dalam pelaksanaan sebuah bisnis yang dituangkan dalam dokumen yang berisikan informasi mengenai strategi penjualan dan pemasaran, penghasilan dan pengeluaran, serta kondisi keuangan riil yang ada.

Jenis-jenis business plan

Melansir dari laman OCBC NISP, terdapat lima jenis rencana bisnis.

1. Operation Business Plan

Rencana operasi bisnis umumnya hanya mencakup data data yang dikhususkan bagi internal perusahaan. Maka, rencana bisnis ini pada umumnya hanya berisikan mekanisme kerja internal perusahaan.

2. Growth Business Plan

Selanjutnya, rencana pertumbuhan bisnis, berisikan informasi mengenai proses yang menunjukkan pertumbuhan dari perusahaan. Artinya, informasi ini dapat dibagikan kepada pihak eksternal yang tertarik untuk mengetahui pertumbuhan dari perusahaan.

3. Development Business Plan

Rencana perkembangan bisnis merincikan hal hal yang berhubungan dengan hal hal yang membahas mengenai satuan kerja yang terdapat dalam perusahaan agar dapat bekerja. Maka, dokumen ini dapat dibagikan kepada pihak internal atau eksternal.

4. Startup Business Plan

Rencana memulai bisnis adalah jenis rencana bisnis yang mencakup hal hal yang bersifat belum diimplementasikan, namun telah diperhitungkan secara rasional atau riil. Maka, rencana bisnis ini nantinya dapat membantu memberikan gambaran dan tujuan dari kegiatan bisnis yang akan dimulai.

5. Strategic Business Plan

Rencana strategi bisnis adalah rencana yang memuat komponen informasi yang menjelaskan hal hal yang bersifat teknis dan non teknis tentang strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Manfaat business plan

Sesuai dengan pengertiannya, rencana bisnis akan sangat membantu untuk memberikan gambaran yang memuat informasi mengenai cara kerja perusahaan, penghasilan dan pengeluaran, serta kondisi keuangan perusahaan. 

Maka, informasi ini nantinya akan menjadi acuan serta menjadi titik proses sebuah perusahaan. 

Selain itu, rencana bisnis juga tidak hanya bisa dibagikan kepada pihak internal, namun juga eksternal. Hal ini nantinya dapat membantu proses perkembangan bisnis yang lebih besar.

Cara membuat business plan

  1. Membuat analisa mengenai resiko yang mungkin terjadi pada implementasi bisnis
  2. Menentukan tujuan yang ingin diraih dalam bisnis
  3. Mencakup strategi dalam mencapai kemajuan perusahaan
  4. Merangkum keseluruhan informasi secara runtut, informatif, dan realistis (OL-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat