visitaaponce.com

APBN 2023 Harus Disalurkan pada Program Prioritas dan Produktif

APBN 2023 Harus Disalurkan pada Program Prioritas dan Produktif
Presiden Joko Widodo(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan seluruh menteri dan kepala lembaga negara untuk memfokuskan penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 kepada program-program prioritas dan produktif.

Arahan tersebut ia sampaikan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/1).

"APBN 2023 harus fokus menyelesaikan prioritas nasional baik yang berkaitan dengan penurunan stunting, penurunan kemiskinan ekstrem dan juga ketahanan pangan serta agenda menjelang pemilu," ujar Jokowi.

Di samping itu, Kepala Negara juga mendorong transfer ke daerah termasuk dana desa betul-betul digunakan secara tepat guna dan tepat sasaran. Oleh karena itu, seluruh menteri terkait diminta melakukan pendampingan dan pengawasan kepada daerah-daerah.

"Sampaikan bahwa ini dana ini harus memacu ekonomi daerah. Jangan sampai dananya ditransfer tapi tidak memberikan efek memacu ekonomi di daerah," tuturnya.

Baca juga: Defisit APBN 2022 2,38% Terhadap PDB

Program-program yang dijalankan dengan APBD, sambung Jokowi, juga harus sinkron dengan agenda prioritas nasional. Kegiatan di daerah harus fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, penguatan ekspor dan investasi.

"APBD harus sinkron dengan APBN. Sinkron dengan prioritas nasional yang telah bolak-balik saya sampaikan, terutama berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, ekspor dan dengan investasi," tukas mantan wali kota Surakarta itu.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat