visitaaponce.com

DPO 6 Bulan, Tersangka Kasus Korupsi Tanah Kas Desa Gempolsari Sidoarjo Ditangkap

DPO 6 Bulan, Tersangka Kasus Korupsi Tanah Kas Desa Gempolsari Sidoarjo Ditangkap
Tersangka Kasus Korupsi Tanah Kas Desa Gempolsari Sidoarjo (kedua dari kanan).(Dok. MI)

SALAH satu tersangka kasus dugaan korupsi tanah kas Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo bernama Istafudin (I) akhirnya berhasil ditangkap. Tersangka I sebelumnya ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pada 11 Desember 2023.

Tim penyidik Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sidoarjo menangkap tersangka I di kawasan Desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo pada Minggu (2/6).

Tersangka dimasukkan dalam DPO dikarenakan mangkir dari panggilan pemeriksaan pihak Kejari Sidoarjo. Setelah berhasil ditangkap dan menjalani pemeriksaan, tersangka ditahan di Rutan Cabang Medaeng di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Dia ditahan selama 20 hari sejak 3 Juni hingga 22 Juni 2024.

Baca juga : DPO Eks Kepala Desa Tersangka Korupsi Ditangkap Kejagung

"Kami melakukan penahanan untuk mengantisipasi tersangka melarikan diri, mengulangi tindak pidana dan menghilangkan barang bukti. Serta khusus untuk tersangka I sebelumnya mangkir dan tidak mengindahkan panggilan tersangka sebelumnya dengan alasan yang tidak patut," kata Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo John Franky Yanafia Ariandi, Rabu (5/6).

Franky menjelaskan, I merupakan salah satu tersangka kasus korupsi TKD Gempolsari Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Selain dia juga ada terdakwa SA (Kepala Desa Gempolsari periode 2016-2022), terdakwa MI (swasta), terdakwa S (swasta) dan Tersangka AF (swasta) masih DPO.

Mereka dinilai bekerjasama dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penguasaan, pengurugan, pengkavlingan dan penjualan TKD Gedangan yang berlokasi di Desa Gempolsari. Kasus dugaan korupsi itu terjadi tahun 2022 dan mengakibatkan kerugian negara senilai lebih dari Rp578 juta.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat