visitaaponce.com

Kopi Berselera Tinggi

Kopi Berselera Tinggi
Peserta mengikuti lomba roasting kopi pada Festival Kopi Nusantara 2023 di Kompleks Media Group Network(MI/Ramdani)


FESTIVAL Kopi Nusantara (FKN) 2023 telah dibuka kemarin. Event ini merupakan bagian dari rangkaian acara Perayaan Hari Ulang Tahun ke-53 Media Indonesia.

Banyak acara yang digelar selama festival berlangsung hingga 4 Februari 2023. Ada talkshow juga lomba-lomba. 

Ini event yang tepat bagi para pencinta dan penikmat kopi sejati.

Lomba roasting ialah salah satu yang paling ditunggu. Apalagi, lomba digelar secara terbuka dengan disaksikan banyak pengunjung.

Founder of WE Group Wiliam Edison mengatakan kompetisi roasting kali ini diikuti 16 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi itu dilaksanakan dalam dua hari. Hari pertama untuk roasting dan hari kedua untuk cupping dan penjurian.

“Penjurian sendiri kita mengadopsi sistem terbuka. Artinya, peserta sendiri akan cupping dan juga ikut menjadi juri. Kita akan buat blind vote, enggak akan ada yang tahu kopi yang mana. Nanti kita akan menyimpulkan suaranya, poin tertinggi itulah yang akan menjadi pemenangnya,” beber dia.

William melihat antusiasme roaster sangat besar. Tapi sekarang tidak banyak wadah yang mewadahi kompetisi seperti ini. “Padahal, roaster memiliki posisi yang sangat strategis untuk menentukan kualitas kopi,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Ihsan, senang Media Indonesia mengadakan kompetisi roasting. Pasalnya, biasanya kompetisi kopi hanya diadakan untuk barista saja. Sementara, roasterlah yang jadi kunci dari terciptanya kopi dengan cita rasa yang nikmat.

“Harapannya, kompetisi seperti ini bisa diadakan sering dan bukan hanya diadakan di kota besar saja, di Jakarta, tapi juga di daerah-daerah,” tutup dia.

Ihsan membawa sendiri biji kopi yang akan dia roasting dari kebunnya sendiri di Maglayang, Jawa Barat.

Ihsan yang telah berprofesi sebagai roaster sejak 2014 silam ini mengatakan, melakukan roasting dalam kompetisi di FKN 2023 ini memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, biasanya roaster bekerja dalam situasi tenang dan di dalam ruangan. 

“Kalau ini kita dilihatin banyak orang, dan juga suhu di luar ruangan ini kan tantangan juga, ya. Kita harus atur kelembaban biji kopi juga,” ucap dia.

Dalam proses roasting, setiap peserta diberikan waktu 50 menit dan untuk pre-roasting selama 10 menit. Pemenangnya pun akan ditentukan dari sisi kualitas kopi dan kualitas roasting para peserta. (OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat