visitaaponce.com

Minyakita Hilang dari Pasaran, Harga Minyak Curah Ikut Naik

Minyakita Hilang dari Pasaran, Harga Minyak Curah Ikut Naik
Minyakita Hilang dari Pasaran, Harga Minyak Curah Ikut Naik(MGN/Ahmad Nur Hidayat & Kiswantoro )

MINYAK goreng kemasan subsidi dari pemerintah dengan merek dagang Minyakita mulai langka dan menghilang di sejumlah pasar tradisional di berbagai daerah.

Minyak goreng dalam bentuk kemasan yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu per liternya ini sudah beberapa pekan lamanya sulit didapatkan. Kalaupun ada, harganya sudah berbeda dari harga jual yang ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: Pemerintah Berupaya Kendalikan Tingkat Inflasi

Di Bekasi, Jawa Barat, sejumlah konsumen sudah tidak bisa mendapatkan Minyakita. Mereka terpaksa beralih ke minyak goreng curah yang harganya lebih tinggi namun berkualitas rendah.

Akibat kelangkaan Minyakita, minyak goreng curah yang sebelumnya dijual Rp15.500 per liternya kini naik menjadi Rp16 ribu–Rp17 ribu per liternya.

Salah seorang konsumen Weli mengaku kelangkaan Minyakita sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

“Saya terpaksa kembali ke minyak goreng curah untuk jual gorengan karena Minyakita stoknya sudah tidak ada di pedagang pasar,” ucap Weli, Kamis (2/2/2023).

Di Temanggung, Jawa Tengah, Minyakkita juga menghilang dari peredaran dari sejumlah pasar tradisional.

Sejumlah pedagang mengaku sudah tidak mendapatkan distribusi Minyakita dan kelangkaan itu sudah terjadi hampir sebulan lamanya.

Pedagang sembako Kholifah mengatakan banyak konsumen yang masih mencari Minyakita tapi sudah tidak ada stoknya.

“Akibat langkanya Minyakita, harga minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah jadi ikut naik,” ujar Kholifah.

Minyakita merupakan minyak goreng dalam bentuk kemasan sederhana yang terjangkau harganya dan dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan guna mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan minyak goreng.

Minyak goreng kemasan rakyat dengan harga yang disubsidi ini sebelumnya merupakan solusi atas tingginya harga minyak goreng di sejumlah daerah. Namun, sangat disayangkan keberadaannya kini sudah mulai menghilang di pasaran. (Mef/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat