visitaaponce.com

BUMN akan Tata Ulang Zonasi Objek Vital Nasional

BUMN akan Tata Ulang Zonasi Objek Vital Nasional
Menteri BUMN Erick Thohir(ANTARA)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau Integrated Terminal, Plumpang, Jakarta Utara, lokasi terjadinya insiden kebakaran, untuk mendengarkan laporan kejadian sekaligus mengecek kondisi kilang.

Erick mengatakan akan terus mengawal kasus hingga tuntas dan memastikan proses penanganan terhadap korban serta masyarakat terdampak harus menjadi prioritas utama Pertamina.

"Saya pastikan investigasi yang dilakukan Pertamina berjalan optimal. Saya juga akan mengawal penanganan korban dan keluarga yang harus menjadi prioritas," kata ujar Erick di TBBM Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3).

Tata Ulang Zonasi

Menteri BUMN juga akan menata ulang lokasi zonasi di sejumlah objek vital nasional (obvitnas) yang dikelola BUMN. Penataan ulang obvitnas harus dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar.

"Sejak awal kita sudah menekankan kepada seluruh BUMN yang masuk menjadi kawasan objek vital, tidak hanya kilang tapi juga pupuk di Sumatra Selatan, buffer antara titik keamanan dan titik masyarakat masih terlalu dekat," ungkapnya.

Baca juga:  Wapres Harap Depo Pertamina Plumpang Direlokasi ke Daerah Pelabuhan

Untuk itu, Kementerian BUMN akan menata ulang seluruh objek vital yang dikelola BUMN, baik itu Pertamina, PLN, dan Pupuk Indonesia agar memiliki batasan yang jelas dan aman bagi masyarakat.

Penataan ulang batasan objek vital nasional dengan permukiman menjadi keharusan agar insiden terbakarnya Terminal BBM Plumpang tidak terulang.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin,  juga mengarahkan agar Pertamina segera mencari solusi terhadap permukiman penduduk yang berada di area sekitar TBBM maupun kilang.

"Semoga ini menjadi solusi bahwa masyarakat mengerti kawasan itu tidak aman dan jangan ditinggali kembali. Tadi Wapres sudah mengarahkan, nantinya kawasan ini akan dicari solusi oleh Pertamina dan Pelindo, berikan waktu," tukas Erick.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat