visitaaponce.com

Penghasil Minyak Texas Kini Pemimpin Ladang Angin dan Matahari

Penghasil Minyak Texas Kini Pemimpin Ladang Angin dan Matahari
Pada 28 Februari 2023, karyawan Engie memeriksa turbin angin selama tur untuk peresmian proyek angin di Dawson, Texas.(AFP/Mark Felix.)

CITRA Texas, Amerika Serikat (AS), yang modern sejatinya dibangun di atas minyak. Produksi minyaknya telah lama menjadi sumber kebanggaan yang luar biasa. Namun sekarang, daerah-daerah yang bergerak mengikuti ritme derek minyak selama lebih dari satu abad menjadikan negara bagian ini sebagai pemimpin nasional dalam energi angin dan matahari.

Konvergensi faktor menyebabkan hasil yang tidak terduga itu. Sebut saja, cuaca yang menguntungkan (banyak angin dan matahari), tanah yang relatif murah, iming-iming subsidi energi bersih federal, dan keinginan untuk mendukung sistem utilitas yang gagal secara dramatis selama cuaca dingin pada 2021. 

Dua kabupaten di selatan Dallas, Navarro dan Limestone, melambangkan perubahan yang mengejutkan ini. Bagian tak terpisahkan dari industri perminyakan Texas sejak akhir abad ke-19, mereka sekarang berada di garda depan revolusi energi terbarukan itu.

Proyek angin dan surya, "Membuat Navarro County memimpin bangsa dengan energi terbarukan," kata direktur pembangunan ekonomi daerah itu, John Boswell. Melambangkan dorongan ini ialah ladang angin baru yang diresmikan minggu lalu oleh perusahaan energi multinasional Prancis Engie dengan 88 turbin angin yang mampu menghasilkan tenaga 300 megawatt (MW).

Setengah jam perjalanan ke barat, di kota kecil Abbott terdapat ladang surya 250 MW. Ini juga dibangun oleh Engie yang sekarang menghasilkan listrik. Tak heran Texas ialah negara bagian AS yang menjadi pemimpin--sejauh ini--dalam menyediakan energi bersih untuk pembeli dari perusahaan dan industri sebesar 35% dari total nasional, menurut organisasi American Clean Power.

Negara bagian Ohio memiliki sekitar setengah jumlah proyek perusahaan dan industri Texas, tepat di atas California di tempat ketiga. "Memang benar ketika kita berpikir tentang Texas, kita berpikir tentang negara minyak dan gas yang sangat besar," kata eksekutif Engie Frank Demaille.

Namun, lanjutnya, sumber daya alamnya tidak semua terkubur dalam tanah. "Mereka mendapat banyak angin, banyak sinar matahari, dan sangat pandai mengelola semua sumber daya mereka yang berbeda." (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat