visitaaponce.com

HIPMI Pimpin Misi Tingkatkan Neraca Perdagangan

HIPMI Pimpin Misi Tingkatkan Neraca Perdagangan
Misi perdagangan dengan tema ‘HIPMI Jaya Goes to Thailand’ mulai dijalankan oleh HIPMI Jaya dan HIPMI Jaktim(Dok. Ist)

HIPMI Jaya bersama dengan HIPMI Jaktim mengirimkan 54 delegasi bisnis ke Thailand dalam sebuah misi perdagangan dengan tema ‘HIPMI Jaya Goes to Thailand’. Misi ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan antara Indonesia dan Thailand serta memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara.

Ketua Panitia Guntur Kharisma menyampaikan, acara kunjungan yang diketuai oleh HIPMI Jaya tujuannya adalah untuk mempromosikan produk dan jasa dari perusahaan-perusahaan anggotanya ke pasar Thailand. Kegiatan ini juga sekaligus menjalin kemitraan dengan pengusaha lokal yang dijembatani oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia beserta dengan Atase Perdagangan di Thailand. 

“Dalam upaya untuk menunjukkan komitmen Indonesia terhadap ASEAN, HIPMI Jaya bersama Junior Chambers International, JCI Jakarta dan JCI Bangkok juga mengajak delegasi bisnis Thailand untuk menghadiri acara-acara kewirausahaan ASEAN yang akan diselenggarakan pada bulan Mei dan November 2023 di Indonesia,” ungkap Guntur dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (8/3).

Baca juga: Presiden Minta Hipmi Dorong Perekonomian Nasional

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Sona Maesana yang menyatakan, HIPMI Jaya diharapkan dapat menjadi motor penggerak kewirausahan. Tidak hanya di dalam negeri akan tetapi juga di level regional serta global, dengan memperluas jaringan dengan para pengusaha muda dari negara lain.
 
"Kami sangat senang dapat menjalankan misi perdagangan ini ke Thailand," kata dia.

Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa nilai perdagangan antara Indonesia dan Thailand mencapai USD20,1 miliar pada 2022. Adapun, ekspor Indonesia ke Thailand sebesar USD8,6 miliar dan impor dari Thailand sebesar USD11,5 miliar. 

Baca juga: Presiden Apresiasi Kepengurusan Hipmi yang Baru

Namun, Indonesia masih menghadapi defisit perdagangan dengan Thailand, maka oleh karenanya HIPMI Jaya berharap dapat mengubah situasi ini dengan memperkuat kemitraan antara kedua negara. HIPMI Jaya juga berharap bahwa Indonesia akan semakin memperkuat posisinya sebagai ketua ASEAN pada tahun 2023. Sebagai ketua ASEAN, Indonesia akan memimpin upaya untuk memperkuat kemitraan ekonomi di antara anggota ASEAN dan meningkatkan daya saing global kawasan tersebut.

HIPMI Jaya mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kerja sama regional melalui ASEAN," kata tandas dia. (Gan)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat