visitaaponce.com

RI-Singapura Sepakati Perjanjian Investasi IKN, Teknologi, hingga Energi Hijau

RI-Singapura Sepakati Perjanjian Investasi IKN, Teknologi, hingga Energi Hijau
PRESIDEN Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dalam pertemuan Leaders’ Retreat, Kamis (16/3).(AFP/EDGAR SU)

PRESIDEN Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dalam pertemuan Leaders’ Retreat yang berlangsung pada Kamis (16/3) di Singapura.

Pertemuan Leaders’ Retreat merupakan pertemuan tahunan yang dilakukan Presiden Indonesia dengan PM Singapura. Tahun lalu pertemuan dihelat di Bintan, Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Perdana Menteri Lee mengatakan bahwa pekan lalu Singapura dan Indonesia telah meminta persetujuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) terkait kerja sama FIR kedua negara.

Presiden Jokowi dan dirinya juga mendiskusikan kerja sama di bidang digital ekonomi mengenai diperbolehkannya tenaga profesional muda dari Indonesia dan Singapura untuk mengikuti program pertukaran kerja di bidang teknologi.

“Kerja sama kita akan memperkuat kolaborasi ASEAN dalam sektor baru menuju kerangka ekonomi digital di bawah kepemimpinan Indonesia,” ucap PM Lee.

Kerja sama kedua, sambung PM Lee, yakni di bidang ekonomi hijau. Kedua negara telah menandatangani kerja sama terkait energi baru terbarukan. Selain itu, Indonesia dan Singapura juga menandatangani pengembangan hunian berkelanjutan yang pilot proyeknya akan diterapkan di ibu kota nusantara (IKN) Kalimantan.

Ia mengatakan, salah satu dari perjanjian kerja sama hari ini adalah kolaborasi dalam pengetahuan, pembangunan kapasitas, dan riset untuk mendukung rencana dan pengembangan dari Nusantara (IKN) sebagai smart and sustainable city.

"Kami juga menyatakan ketertarikan pada sektor publik. Saya menyampaikan pada Presiden Jokowi menantikan forum yang akan digelar Mei 2023 untuk menunjukkan Nusantara dan menarik para investor dan perusahaan Singapura untuk berpartisipasi,” ujar PM Lee. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat