visitaaponce.com

Pembangunan Infrastruktur oleh BUMN Karya Buka Pengembangan Properti

Pembangunan Infrastruktur oleh BUMN Karya Buka Pengembangan Properti
Pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan proyek pembangunan tol Serang-Panimbang di Cibadak, Lebak, Banten.(Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.)

KONSULTAN properti Knight Frank Indonesia mengungkapkan pembangunan infrastruktur oleh BUMN Karya seperti PT Wijaya Karya Tbk atau Wika yakni Tol Serang-Panimbang membuka wilayah baru untuk pengembangan residensial. Melalui pengembangan kawasan tersebut, sektor properti diprediksi dapat merasakan implikasi positif, baik melalui pertumbuhan permintaan maupun peningkatan pasokan karena tingginya minat investasi di kawasan tersebut.

"Multiplier effect yang didapatkan kawasan tersebut pascapengembangan Tol Serang-Panimbang ialah membuka wilayah baru untuk pengembangan properti," ujar Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat atau disapa Sari dalam keterangan tertulis, Kamis (16/3). "Kondisi ini akan diikuti dengan peningkatan harga properti di sekitar infrastruktur tersebut," katanya.

Dia juga menambahkan, tidak hanya properti residensial yang akan tumbuh, tetapi juga komersial akan tumbuh menyesuaikan dengan profil populasi di sekitar wilayah tersebut. Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Serang-Panimbang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berhasil dituntaskan oleh Wika.

Baca juga: RI-Singapura akan Bangun Pabrik Panel Surya Pertama di Indonesia

"Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 (Serang-Rangkasbitung), selain dapat meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian masyarakat sekitar, tol ini juga mendukung akses menuju Taman Nasional Ujung Kulon dan kawasan pariwisata Tanjung Lesung," ujar Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito. Pihaknya juga telah menyelesaikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan akses penunjang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Terhitung hingga 2022 Wika membangun 631,7 km dari total jalan tol terbangun di Indonesia.

Sedangkan terkait progres pekerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung yang sedang dikerjakan BUMN karya itu kini mencapai 96%. Selain jalan tol dan kereta cepat, proyek PSN lain yang diselesaikan Wika antara lain Mass Rapid Transportation (MRT) Jakarta tahap 1 yang merupakan moda transportasi MRT pertama di Indonesia. 

Karya lain ialah Bendungan Sukamahi sebagai bendungan kering pertama di Indonesia yang difungsikan untuk mencegah banjir di DKI Jakarta. Ada pula Terminal Kijing sebagai pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan yang memiliki kapasitas 500 ribu TEUs dan 8 juta nonpeti kemas. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat