visitaaponce.com

Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023, BI Sebar Lebih Banyak Uang Pecahan Baru

Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023, BI Sebar Lebih Banyak Uang Pecahan Baru
Ilustrasi(MI/Palce Amalo)

GUBERNUR Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan kesiapan perbankan dalam menghadapi lonjakan transaksi dan perputaran uang selama Ramadan hingga Lebaran 1444 Hijriah mendatang, termasuk penyediaan uang tunai pecahan baru senilai Rp195 triliun.

Saat menyampaikan hasil rapat dewan gubernur BI, Kamis (16/3), Perry mengatakan, BI akan memperkuat digitalisasi sistem pembayaran untuk meningkatkan efisiensi transaksi dan ekosistem EKD.

"Antara lain dengan mendorong inovasi sistem pembayaran, termasuk melalui perluasan kepesertaan (bank dan lembaga selain bank), kanal layanan (direct-debit, bulk-credit, request for payment), dan akseptasi BI-FAST kepada masyarakat; dan melanjutkan inisiatif Regional Payment Connectivity (RPC) melalui perluasan QRIS antarnegara dan Implementasi Fast Payment Interconectivity," beber Perry.

Baca juga : Lebaran Jangan Ganggu Distribusi Logistik agar Terhindar Inflasi

Untuk kebijakan sistem pembayaran dalam menghadapi Ramadan dan Idulfitri 1444 H, akan dipastikan ketersediaan dan kehandalan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sistem pembayaran industri, termasuk memantau kehandalan sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi sistem pembayaran, dan memastikan ketersediaan uang rupiah. Dengan begitu, didapat kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya dalam menyambut Ramadhan dan Idulfitri 1444 H melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023. "Termasuk penyediaan uang tunai sebesar Rp195 triliun," sergah Perry.

Uang tunai Rp195 triliun atau uang pecahan baru tersebut lebih tinggi 8,27% dari yang disiapkan bank sentral tahun lalu. Bank Indonesia akan bekerja sama bank-bank di seluruh Indonesia untuk melakukan penukaran uang. Tercatat ada titik 5.066 penukaran uang baru.

Khusus di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) Bank Indonesia menyiapkan uang pecahan baru sebesar Rp4,82 triliun. Uang tersebut bisa dibagikan di 599 titik di Jabodebek. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat