visitaaponce.com

301 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek saat Libur Nyepi

301 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek saat Libur Nyepi
Petugas Patwal mengawal bus menembus kemacetan di jalan Tol Cikampek, Jakarta.(MI/AGUNG WIBOWO )

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 301.181 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 sampai Hari H Nyepi 2023 yang jatuh pada periode Selasa-Rabu (21-22 Maret 2023).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa atau ke arah Merak), GT Ciawi yang ke arah Puncak, GT Cikampek Utama yang ke arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama ke arah Bandung.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 16,9% jika dibandingkan lalin normal," Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan resminya, Kamis (23/3).

Baca juga : Jasa Marga Bersiap Hadapi Kepadatan Lalu Lintas saat Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk distribusi lalin yang meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 136.107 kendaraan atau 45,2% dari total kendaraan dari periode tersebut menuju arah timur atau Trans Jawa dan Bandung.

Lalu, 91.890 kendaraan atau 30,5% menuju arah barat atau Merak, dan 73.184 kendaraan atau 24,3% dari total kendaraan menuju arah selatan atau Puncak.

Adapun rincian distribusi lalin ialah untuk arah timur kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 64.518 kendaraan.

Baca juga :  Libur Hari Pancasila dan Waisak, 335 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Ini meningkat sebesar 36,9% dari lalin normal," kata Lisye.

Untuk kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang berjumlah 71.589 kendaraan, meningkat sebesar 30,5% dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 136.107 kendaraan, meningkat sebesar 33,5% dari lalin normal.

Baca juga : H+5 Lebaran 2023, 903 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek

Selanjutnya kendaraan yang menuju barat atau ke Merak, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 91.890 kendaraan, lebih rendah sebesar 3,6% dari lalin normal.

Untuk arah selatan atau menuju Puncak, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 73.184 kendaraan, meningkat 21,2% dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik," pungkasnya. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat