visitaaponce.com

Ledakan Kilang, Ahok Sudah Ingatkan ke Direksi soal Keselamatan Kerja

Ledakan Kilang, Ahok Sudah Ingatkan ke Direksi soal Keselamatan Kerja
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama(Antara Foto/Akbar N)

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok mengaku sudah mengingatkan ke direksi Pertamina perihal penguatan penerapan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) atau kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Hal ini terkait ledakan dan kebakaran di area gas compressor Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai, Riau, pada Sabtu (1/4) malam.

"Arahan saya ke direksi sudah jelas (soal HSSE). Memang perlu ada top manajemen yang fokus menangani HSSE," kata Ahok kepada Media Indonesia, Minggu (2/4).

Baca juga: Ledakan di Dumai, Pengamat: Sistem Keamanan Kilang Pertamina Buruk

Ahok menuturkan nantinya akan dibentuk direktorat khusus di Pertamina untuk menangani HSSE. Menurutnya, langkah tersebut penting dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan yang kerap terjadi di objek vital nasional.

Dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, kebakaran di kilang Pertamina sudah terjadi. Pada 3 Maret 2023, terjadi kebakaran di Terminal BBM Plumpang di Jakarta yang menewaskan 25 orang. Untuk kebakaran di Kilang RU II Dumai, sebanyak sembilan pekerja mengalami luka-luka.

Baca juga: Polda Riau selidiki kebakaran di Kilang Pertamina Dumai

"Ya, bakal ada direktorat khusus HSSE di holding Pertamina. Ini penting karena (kebakaran kilang) sudah berulang kali terjadi dengan jarak waktu yang pendek," ungkapnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat