visitaaponce.com

123 Juta Orang Melaksanakan Mudik Tahun Ini

123 Juta Orang Melaksanakan Mudik Tahun Ini
Sejumlah kendaraan antre di gerbang Bandar Kedungmulyo Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jombang, Jawa Timur saat mudik Lebaran 2022.(ANTARA/Syaiful Arief )

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) melakukan survei terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran 2023 ini. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran pada tahun ini.

 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Jumlah pemudik tersebut tentunya mengalami peningkatan sebesar 44,79 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

"Mudik Lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen, kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama," ujar Menhub dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (4/4).

Baca juga: Contra Flow akan Paling Sering Dilakukan saat Mudik Lebaran

Menhub melanjutkan, untuk mengantisipasi arus mudik pada Lebaran tahun ini pihaknya bersama stakeholder terkait telah mempersiapkan segala upaya satu bulan sebelumnya. Pasalnya, terjadi peningkatan jumlah orang yang melakukan mudik.

Selain peningkatan pemudik secara nasional, Budi juga menuturkan khusus warga Jabodetabek yang melakukan mudik meningkat 27,97%, yakni dari 14,3 juta orang pada Lebaran 2022 menjadi 18,3 juta orang pada Lebaran 2023.

Baca juga: Mudik Lewat Jalur Sungai Jadi Alternatif

“Warga Jabodetabek relatif tidak sebesar nasional peningkatan 27% dibandingkan 2022,” ucapnya. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat