visitaaponce.com

2024, Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 5,7

2024, Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 5,7%
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BPPN) Suharso Monoarfa mengungkapkan target pertumbuhan ekonomi 2024.(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

PEMERINTAH menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun depan berada di kisaran 5,3% hingga 5,7%. Hal ini tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 yang sedang disusun.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan, target pertumbuhan ekonomi di atas 5% itu dibutuhkan untuk menapaki target Indonesia Emas di 2045.

"Penetapan target-target diarahkan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di atas 5% agar Indonesia mampu graduasi dari middle income trap sebelum kita menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2023, Kamis (6/4).

Baca juga: Pengendalian Inflasi di Ramadan Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Target pertumbuhan ekonomi 2024, diikuti dengan target pembangunan lain seperti tingkat kemiskinan di kisaran 6,5% hingga 7,5%; tingkat pengangguran terbuka (TPT) berkisar 5% hingga 5,7%; rasio gini 0,374 hingga 0,377; indeks pembangunan manusia 73,99 hingga 74,02; penurunan emisi gas rumah kaca 27,27%; nilai tukar nelayan 107-110; dan nilai tukar petani 105-108.

Penetapan target-target pembangunan tersebut, kata Suharso, disusun berdasarkan evaluasi realisasi 2022 yang dihadapkan pada situasi pandemi covid-19 dan geopolitik ekonomi dunia. Hasil evaluasi itu mengarahkan agar pemerintah fokus pada upaya penurunan kemiskinan, pertumbuhan investasi, peningkatan nilai tambah dan kontribusi industri pengolahan.

Baca juga: ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Moderat Pada 2023 dan 2024

Selain itu, pemerintah juga menetapkan tujuh prioritas pembamgunan nasional di tahun depan. Pertama, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. Kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Ketiga, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Keempat, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Kelima, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim. Ketujuh, memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

"Tema RKP 2024 menjadi bingkai kita dalam mengupayakan pencapaian target sasaran dan indikator pembangunan tahun 2024 dengan tetap melanjutkan tujuh prioritas nasional tahun sebelumnya," kata Suharso. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat