visitaaponce.com

Sisihkan Juga Sebagian THR untuk Investasi

Sisihkan Juga Sebagian THR untuk Investasi
Teller sebuah money changer di kawasan Kwitang menghitung mata uang dolar Amerika Serikat, Rabu (8/4/2009).(MI/HIMANDA AMRULLAH)

EKONOM dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Bali, Gede Sri Darma menyarankan masyarakat baik aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai swasta untuk menyisihkan minimal 10% dari total tunjangan hari raya (THR) dialokasikan untuk investasi.

"Mendapatkan THR bukan berarti harus dihabiskan, tetapi lebih bijak jika dana THR itu ada porsi untuk investasi," katanya di Denpasar, Senin (10/4).

Langkah itu dilakukan sebagai salah satu bentuk bijak mengelola keuangan. Menurut dia, dana tersebut juga bisa menambah dana cadangan yang sewaktu-waktu dapat dicairkan apabila dalam keadaan mendesak. Ia menyarankan ada dana cadangan yakni minimal enam kali dari total rata-rata pengeluaran bulanan rumah tangga.

Baca juga: Awas! Penipu Mengaku Pengurus Masjid Minta Sumbangan THR Pakai Surat Palsu

Dia menjelaskan THR Lebaran merupakan dana yang diperuntukkan untuk menunjang kegiatan Hari Raya Idul Fitri. "Dana itu digunakan sebaik mungkin sesuai dengan tujuan pemberian THR, bahkan disisihkan dulu untuk investasi, sisanya cukup atau tidak cukup digunakan untuk kegiatan Lebaran," imbuh Sri Darma.

Baca juga: THR Cair, Prioritaskan Kebutuhan Jangan Lupa Bayar Utang

Dengan alokasi ke investasi tersebut, diharapkan masyarakat yang menerima tunjangan itu, dananya tidak cepat habis digunakan setelah ditransfer melalui rekening bank. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat