visitaaponce.com

THR Cair, Prioritaskan Kebutuhan Jangan Lupa Bayar Utang

THR Cair, Prioritaskan Kebutuhan Jangan Lupa Bayar Utang
Tunjangan ari raya (THR) dijadwalkan mulai dibayarkan 10 hari menjelang lebaran(Dok. Ist)

TUNJANGAN hari raya (THR) dijadwalkan mulai dibayarkan 10 hari menjelang lebaran. Banyak orang tentunya sudah merencanakan banyak hal untuk memanfaatkan dana tersebut untuk mudik maupun berlibur ke destinasi impian di masa periode liburan pada 19-25 April mendatang.

Agar keuangan stabil, pakar-pakar keuangan ternama mengatakan bahwa perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ini, lima kiat cermat dan sederhana untuk mengatur keuangan, sebagaimana tertulis dalam siaran pers Tiket.com pada Senin.

Baca juga: Yuk, Intip Cara Kelola THR Biar tidak Boncos

1. Alokasikan untuk zakat dan sedekah
Umat Islam memiliki kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. Alokasikan sekitar 10% dari dana THR untuk berzakat, sedekah, dan memberikan bantuan sosial kepada sesama.

2.Prioritaskan untuk kebutuhan
Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran diantaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Sanksi Perusahaan Mangkir Bayar THR

Jika Anda berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik dengan keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya, penggunaan THR maksimal 50-70% untuk segala kebutuhan Lebaran.

3.Jangan lupakan tabungan, investasi, dana darurat, dan Idul Adha
Sebaiknya, dana THR tetap disisihkan sebesar 10% untuk keperluan tak terduga. Sisihkan juga 10% untuk keperluan hewan kurban saat Idul Adha. Sisa dananya dapat Anda gunakan untuk berinvestasi.

4.Lunasi utang konsumtif
Salah satu checklist penting dengan urgensi tinggi adalah pembayaran utang konsumtif agar penabung dapat bebas dari beban hutang yang menyeret, sehingga bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya.

5.Bijak dalam memilih moda transportasi untuk mudik
Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan atau mudik. Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai agar dana transportasi tidak membengkak. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat