visitaaponce.com

Berkaca dari Kegagalan Gaet Tesla, BUMN Diminta Lebih Pintar Negosiasi

Berkaca dari Kegagalan Gaet Tesla, BUMN Diminta Lebih Pintar Negosiasi
Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian(Istimewa)

Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian meminta perusahaan BUMN bidang pertambangan mampu meyakinkan para penanam modal besar untuk memberikan komitmen investasi di Indonesia terkait pengembangan kendaraan listrik.

Hal tersebut disampaikan menyusul alotnya pembicaraan rencana investasi antara pemerintah dengan produsen mobil listrik milik Elon Musk, Tesla. Wacana yang sudah muncul sejak 2020 itu tidak kunjung terealisasi hingga sekarang.

"Kita harus pintar yakinkan pihak luar. Jangan sampai investor sudah negosiasi-negosiasi, tahu-tahu dia kabur," kata Ramson saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII dengan Mining Industry Indonesia (Mind ID), PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan PT Industri Baterai Indonesia (Indonesia Battery Corporation/IBC), di Jakarta, Rabu (12/4).

Baca juga: Luhut: Negosiasi dengan Tesla Sudah Ada Kemajuan

Sebelumnya, Elon Musk telah mengumumkan rencana pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Shanghai, Tiongkok, Senin (10/4). Pabrik tersebut nantinya akan memproduksi 10.000 unit baterai megapack atau berkapasitas besar per tahun.

"Tadinya, Tesla ini mau datang ke Indonesia, tapi tidak jadi-jadi. Malah Elon Musk pilih Shanghai," sambung Ramson.

Baca juga: Tesla Tarik 3.470 Mobil Listrik karena Baut Kendor

Politikus Partai Gerindra itu berharap agar IBC mampu merealisasikan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik dengan menggandeng dua perusahaan raksasa di luar Tesla, yakni perusahaan asal Tiongkok Contemporary Amperex Technology (CATL), dan perusahaan baterai kendaraan listrik asal Korea Selatan, LG Energy Solutions.

"Jadi perlu kemampuan negosiasi yang baik. Visi mengembangkan baterai kendaraan listrik kan sejak 2020, tapi selama tiga tahun ini sekadar di atas kertas saja," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan negosiasi antara Indonesia dengan Tesla masih terus berjalan. Saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat pada pekan ini, Luhut dijadwalkan bertemu dengan perwakilan Tesla dan perusahaan otomotif lainnya, Ford. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat