visitaaponce.com

Penyaluran Kredit Baru Melambat di April

Penyaluran Kredit Baru Melambat di April
Teller menghitung uang di Bank BNI, Jakarta, Kamis (21/4/2022).(ANTARA/SIGID KURNIAWAN)

HASIL survei Bank Indonesia mencatat penyaluran kredit baru pada Maret kemarin terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil survei kepada perbankan menunjukkan bahwa saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Maret 2023 tercatat sebesar 94,6%, lebih tinggi dari SBT pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 66,7%.

"Berdasarkan kategori bank, peningkatan penyaluran kredit baru pada Maret 2023 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, Senin (17/4).

Berdasarkan jenis penggunaan, penyaluran kredit baru pada Maret 2023 terindikasi meningkat pada hampir seluruh jenis kredit, kecuali kredit investasi.

Baca juga: Masyarakat Berpenghasilan Rendah jadi Sasaran Kredit BTN

Faktor utama yang memengaruhi prakiraan penyaluran kredit baru pada bulan lalu ialah permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

Penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh positif meski melambat pada bulan ini, terindikasi dari nilai SBT perkiraan penyaluran kredit baru April 2023 sebesar 77,2%.

Baca juga: Perluas Pasar Kredit Kepemilikan Rumah

Perlambatan penyaluran kredit baru pada April diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank dan hampir seluruh jenis penggunaan kecuali kredit investasi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat