visitaaponce.com

Indonesia-Jerman Sepakat Percepat Pembahasan IEU-CEPA

Indonesia-Jerman Sepakat Percepat Pembahasan IEU-CEPA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto(Kemenko Perekonomian)

Indonesia dan Jerman sepakat untuk mempercepat penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Kesepakatan itu didapat dalam pertemuan bilateral kedua negara di sela-sela penyelenggaraan Hannover Messe 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Jerman diwakili oleh Kanselir Olaf Scholz.

Airlangga mengatakan kemufakatan itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo mengenai pentingnya mewujudkan hubungan ekonomi yang setara antara Indonesia-Jerman dan Indonesia-Uni Eropa melalui pembenahan regulasi yang menghambat kesetaraan.

Baca juga: Jerman akan Bantu Percepat Pembahasan Indonesia-EU CEPA

"Komitmen dari Kanselir Scholz juga mendorong bahwa dari Jerman akan memfasilitasi agar pembahasan IEU-CEPA ini bisa dipercepat," ujar Airlangga melalui keterangan resmi, Selasa (18/4).

"Memang ada beberapa isu antara Indonesia dan EU, namun Jerman melihat bahwa pendekatan yang harus kita lakukan juga pendekatan yang sifatnya pragmatis," sambungnya.

Baca juga: Indonesia-Jerman Sepakati Kerja Sama Baru Senilai US$1,98 Miliar

Airlangga menambahkan, Indonesia menyambut baik pembentukan komite bersama ekonomi dan investasi Indonesia-Jerman. Investasi Jerman di Indonesia perlu difokuskan pada sektor prioritas seperti industri yang berorientasi ekspor, energi terbarukan, dan hilirisasi. Dari pertemuan itu, muncul juga kerja sama baru yang ditandatangani senilai US$1,98 miliar. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat