visitaaponce.com

Hadapi Cuaca Ekstem, Petani Bisa Manfaatkan Asuransi Parametriks Indeks Cuaca

Hadapi Cuaca Ekstem, Petani Bisa Manfaatkan Asuransi Parametriks Indeks Cuaca
Ilustrasi(Pexels)

PT Zurich Asuransi Indonesia luncurkan produk asuransi perlindungan parametriks indeks cuaca bagi para petani. Perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia itu menyebut bahwa mereka jadi perusahaan pertama di dalam negeri yang meluncurkan produk tersebut.

Presiden Direktur PT Zurich General Takaful Indonesia, Hilman Simanjuntak mengatakan, produk asuransi tersebut dikhususkan bagi para petani yang sering menghadapi risiko perubahan cuaca.

Produk perlindungan tersebut diluncurkan oleh Zurich Indonesia sebagai implementasi dari tiga fokus yang mereka usung, yakni inovasi, simplifikasi, dan kebutuhan nasabah.

Baca juga : Pemerintah Antisipasi Perubahan Iklim, Hadapi La Nina dan El Nino

"Produk ini tujuannya adalah untuk memperluas coverage kita dan juga memberikan edukasi yang lebih luas. Hingga saat ini, kami sudah mengcover sekitar 1.500 petani kopi di Aceh," tutur Himan di Jakarta, Kamis (25/5).

Lebih lanjut Hilman mengatakan bahwa produk tersebut dirilis dengan menggunakan parameter teknologi dalam penerapannya. Produk itu pun dirancang guna memberi proteksi kepada para petani mengingat profesi tersebut sangat rentan menghadapi cuaca ekstrim.

Baca juga : Fenomena La Nina Ancam Produksi Pertanian Indonesia

"Kami menggunakan satelit cuaca yang kemudian kita pantau datanya, dan setiap bulan kita bagikan datanya kepada para petani. Kalau ada hari-hari yang curah hujannya memicu parameternya, artinya kami harus membayar santunannya," sambung Hilman.

Nantinya, saat curah hujan di lahan petani terlalu tinggi atau rendah dan berdampak pada hasil taninya, Zurich Indonesia bakal memberikan benefit melalui klaim premi. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat