visitaaponce.com

Rayakan HUT Ke-7, PPLIPI Kembali Beri Bantuan Permodalan untuk UMKM

Rayakan HUT Ke-7, PPLIPI Kembali Beri Bantuan Permodalan untuk UMKM
Konferensi pers pemberian bantuan pemodalan kepada pelaku UMKM di Jakarta.(Ist)

ORGANISASI Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) kembali memberikan bantuan modal bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan melalui kegiatan PPLIPI Signature, "PPLIPI Peduli UMKM" di SMESCO Convention Hall Jakarta, Rabu (31/5/2023), yang juga menjadi puncak rangkaian perayaan HUT ke-7 PPLIPI. 

Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadharma Ali, mengungkapkan, selama 7 tahun berkiprah PPLIPI sudah memberikan bantuan permodalan kepada sekitar 6.500 pelaku UMKM di seluruh wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Peringati Hari Ibu, PPLIPI Terus Dorong Upaya Pemberdayaan Perempuan

Untuk satu tahun terakhir, PPLIPI telah membantu 400-an UMKM. Mereka terdiri dari para pedagang kecil. Pada masa awal pelaksanaan program, jumlah bantuan yang diberikan Rp300 ribu/pedagang, kini meningkat di kisaran Rp500 ribu/pedagang.

UMKM yang disasar merupakan UMKM yang belum memiliki akses ke lembaga permodalan seperti perbankan.

“Sumber dana berasal dari iuran anggota PPLIPI, ada juga bantuan dari luar organisasi yang sifatnya tidak mengikat. Kebetulan anggota kami sudah bisa mandiri secara ekonomi. Jadi kami patungan untuk memberdayakan ekonomi kaum perempuan," ujar Indah.

Baca juga: PPLIPI Fokus Angkat Harkat dan Martabat Kaum Hawa Melalui Pemberdayaan

Dana bantuan diberikan secara cuma-cuma. PPLIPI memonitor penggunaan dana. Para pelaku UMKM yang menggunakan dananya dengan tepat dapat dipertimbangkan untuk kembali mendapat bantuan. 

Indah menambahkan, pemberian modal pada UMKM perempuan merupakan wujud nyata keberpihakan PPLIPI terhadap kaum perempuan. Hal ini untuk mendorong agar usaha mereka bisa semakin meningkat.

“Kalau usahanya bisa berkembang, keuntungan meningkat, kesejahteraan juga meningkat sehingga mudah-mudahan mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan layak," kata Indah.

Baca juga: Pegadaian Gelar Pelatihan untuk Mengembangkan UMKM Nasional

Acara puncak perayaan HUT ke-7 PPLIPI selain dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, juga dihadiri perwakilan Menteri Koperasi dan Menteri Pariwisata. Sejumlah selebritas seperti Lucky Reza, Ussy Sulistyowati, dan Oki Asokawati ikut hadir meramaikan acara.

Kelompok angklung AngGuN tampil menghibur hadirin. Ada juga pemberian bantuan secara simbolis pada pelaku UMKM yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Tercatat, lima orang pelaku UMKM mendapat apresiasi sebagai UMKM berprestasi. Pada kesempatan itu dilakukan juga penandatangan MoU kerja sama PPLIPI dengan Prodia.

PPLIPI yang dibentuk pada 17 April 2016 memang bercita-cita menjadi wadah para perempuan untuk memberi sumbangsihnya dalam rangka melanjutkan dan mengisi semangat pemberdayaan perempuan, yang telah menjadi komitmen perempuan di Kongres Wanita Indonesia.

Program-program PPLIPI selalu diarahkan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi para perempuan. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat