visitaaponce.com

Pertamina, PLN, Swasta Bentuk Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik

Pertamina, PLN, Swasta Bentuk Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Limbangan, Garut.(DOK Diskominfo Garut.)

PT Pertamina dan PLN bersama dengan pihak swasta resmi membentuk Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML). Asosiasi ini dibentuk bertujuan mempercepat penetrasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami percaya dengan peran aktif berbagai pihak, dukungan penuh pemerintah dan masyarakat, ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) akan segera dapat tumbuh dan berkembang dan proses transisi energi akan semakin lancar," kata Ketua Umum AEML Dannif Danusaputro saat peluncuran AEML di Jakarta, Senin (5/6). AEML didirikan sebagai wadah bagi para pionir di industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan industri pendukung ekosistem mobilitas listrik di Indonesia. 

Menurutnya, upaya percepatan adopsi KBLBB di Indonesia memerlukan pembangunan infrastruktur mobilitas listrik yang merata. "Kami percaya bahwa percepatan adopsi kendaraan listrik harus sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur pendukungnya. Dengan keamanan dan kemudahan sebagai fokus utama, kita dapat mendorong adopsi oleh masyarakat," ujar Dannif, yang juga CEO dari Pertamina New & Renewable Energy.

Baca juga: Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Mulai Hari Ini Naik

Adapun, saat ini KBLBB telah menjadi fokus baru dari berbagai instansi, salah satunya Kementerian BUMN. Melalui Pertamina dengan subholdingnya Pertamina New & Renewable Energy terus mengampanyekan dan melakukan berbagai upaya strategis dalam pengembangan battery pack dan fasilitas pendukung EV ecosystem lain.

Selain itu, Pertamina memiliki lebih dari 7.400 SPBU, 6.100 Pertashop, dan 63.000 outlet LPG. Artiny, Pertamina siap berkolaborasi dengan pihak lain dari berbagai negara untuk mengembangkan dan mengoptimalkan infrastruktur yang dimiliki ini untuk mendukung EV ecosystem terwujud di Indonesia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat